FACEBOOK PLUS MINUS

Siapa sih yang tak mengenal Facebook? Siapa juga sih yang tak punya account facebook? Rasanya kalau jawabannya Anda yang belum punya. Perlu dipertanyakan tuh, hidup di zaman apa Anda. Halloo…. Kemana saja Anda selama ini? Kalau Anda memutuskan untuk menolak facebook, itu bukan berarti anda tak tahu Facebook itu apa bukan?
Sebetulnya facebook bukan situs jaringan sosial yang pertama kali. Sebelumnya sudah ada Friendster, YM, Twitter dan lain lain yang mempunyai tujuan dan fungsi yang sama yakni menjalin pertemanan dan hubungan sosial dengan teman lama maupun teman baru di dunia maya. Tetapi akhir akhir ini facebook lebih dikenal dan disukai di kalangan anak muda maupun para pegawai kantoran, bahkan ibu ibu rumah tangga serta anak anak sekolahan, tak luput juga mahasiswa dan dosennya. Dari anak SD sampai Perguruan tinggi, Dari Pakdhe sampai enyak Babe. Semua berfacebook ria. Ada yang benar benar menggunakannya setulus hati, alias jujur dalam memasang profile. Ada juga yang hanya sekedar iseng, dengan menggunakan nama nama rahasia bahkan foto profile yang beranekarupa, bahkan ada yang memanfaatkannya untuk keperluan rahasia dan tujuan yang kurang baik.
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai situs jaringan sosial ini, tak ada salahnya kita mengulas sejenak sejarah Facebook ini. Facebook muncul sejak tahun 2004, diluncurkan oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal sesama mahasiswa Harvard . Dalam tempo yang sangat singkat facebook tidak hanya digunakan di kalangan kampus harvard saja tetapi kampus lain juga meminta untuk menggunakan facebook. Bahkan karena begitu boomingnya, Friendster, Yahoo, dan Viacom mencoba untuk membeli facebook seharga 10 juta, 750 juta dan 1 milyar US dollar tapi ditolak oleh Zuckerberg. Anda bisa bayangkan tidak? 1 milyar US dollar Coy? Ditolak pula.
Hm, rupanya insting bisnis Zuckerberg bagus dan ternyata ia malah dapatkan keutungan yang lebih banyak lagi dari Facebook, sehingga pada akhirnya facebook bisa digunakan oleh siapa saja yang punya alamat email di seluruh dunia mulai tahun 2006. Dan anda tahu berapa pengguna facebook di seluruh dunia? Tak terhitung jumlahnya. Karena sampai saat ini Facebook masih menjadi situs jejaring sosial yang terpopuler .
Seperti tujuannya semula, facebook ini digunakan sebagai sarana untuk saling mengenal, maka sampai sekarang dia juga masih mempunyai fungsi yang sama yaitu sarana saling mengenal dengan siapapun dan dimanapun pengguna internet di dunia ini. Syaratnya gampang yaitu anda tinggal mempunyai account email. Maka anda dengan gratis bisa membuat account di facebook. Anak anak muda menggunakannya sebagai ajang untuk bersosialisasi dengan sesama anak muda, sementara kaum dewasa menggunakannya sebagai tempat reuni dan bertemu lagi dengan teman teman lama yang sudah berada di lokasi yang berbeda, atau komunitas komunitas tertentu menjadikannya sebagai sarana untuk mengasah kreativitas, terutama teman-teman yang berminat dalam dunia kata kata, sastra, maka komunitas penyair, penulis, wartawan dan lain lain ada dalam grup grup di Facebook bisa dimanfaatkan sebagai tempat beradu kata, bersilang makna dan bertukar asa. Konon Gedung putih juga berfacebook ria. Untuk menjangkau rakyatnya mereka menggunakan situs situs sosial yang banyak digemari masyarakat. Bahkan Barack Obama menggunakan facebook dan Twitter sebagai sarana kampanye. SBY juga menggunakannya waktu kampanye pemilu kemarin.
Fatwa haram sempat muncul mewarnai ramainya penggunaan facebook ini.Ulama di Jawa Timur bahkan sempat mengeluarkan fatwa ini karena khawatir adanya perselingkuhan dan pertemuaan lawan jenis yang menjurus ke hal hal yang bersifat negatif. Berbagai dampak dan reaksi sosial terhadap fenomena facebook, menurut para pakas ilmu sosial merupakan hal yang wajar terjadi dalam masyarakat Indonesia yang sedang di dera kemajuan teknologi yang sangat pesat. Suka atau tidak dunia tanpa batas (internet) menjadi satu hal yang harus dihadapi. Pro dan kontra sangat wajar terjadi. Sebetulnya bagaimana plus minusnya Facebook?
Sisi positif facebook:
1.Anda bisa mencari teman teman masa kecil atau masa lalu anda yang sudah lama tak bertemu, dan menggunakannya sebagai ajang silaturahmi. Dan silaturahmi sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan silaturahmi, kita menjalin link link baru yang bisa membuka jalan bisnis baru atau memperluas jaringan bisnis yang sudah ada, yang belum kerja, mungkin bisa terbantu oleh teman lama, yang belum ada jodoh mungkin bisa kenal lewat udara dulu baru kemudian kopi darat dan seterusnya
2.Sempitnya waktu untuk hanging out dan bersosialisasi bisa diatasai dengan facebook. Bayangkan, tanpa bertemu semua sahabat bisa saling membaca status di wallnya sahabat yang lain, Si temen SD yang di palembang sedang menghadapi kelahiran putri ketiganya, mantan teman kuliah sedang menempuh pendidikan S2 di Aussie, Adik di kampung sedang pusing karena berantem dengan pacar dan sebagainya. Walau hanya sebatas membaca, status di wall, semuanya terasa dekat. Jarak tak berarti di facebook. Saling memberikan comment yang bersifat menghibur, memberi support, pandangan, saran atau hanya hanya sekedar lucu-lucuan yang bisa digunakan sebagai obat rindu kerana jarang bertemu.
3.Penulis sendiri merasa sangat bersyukur akan keajaiban facebook yang membuat penulis bertemu dengan mantan dosen S1 dulu yang sekarang sudah menempuh S3, Yang sudah menjadi doktor, teman-teman mahasiswa yang dulu pernah menjalani masa muda bersama, kemudian bertemu lagi dalam group chat di Facebook, tak bisa anda bayangkan, suasana lama muncul lagi di facebook. Saling memperkenalkan anak dan istri. Layaknya Pesta reuni, maka facebook adalah tempat pesta yang paling kolosal sekaligus universal yang pernah ada di muka bumi ini.
4.Bagi yang sedang belajar bahasa Inggris bisa add dan mengajukan friend request untuk native speaker yang ada di belahan lain di dunia. Jadi tak hanya sekedar mencari teman chating di public chatroom yang belum jelas asal usulnya, gonta ganti teman tak jelas ujung pangkalnya, lewat facebook lebih aman. Karena semua bersifat tidak temporer dan relatif lebih lama mengingat menu facebook juga melayani remove atau menghapus daftar teman yang pernah kita punya. Sehingga obrolan terus berlanjut. Bertukar foto dan seterusnya. Syukur syukur bisa copi darat, memperluas link dan jaringan bisnis.
5.Ajang promosi bagi para pebisnis. Potensi ini bisa dilihat dan dipergunakan dengan jeli oleh orang orang yang punya naluri bisnis, sehingga bisa dengan mengenal dan mencari customer di FB dengan menulis tawaran ini itu di FB, yang tentu saja ini harus dilakukan secara hati hati oleh pengguna FB, karena jangan jangan mereka bosan membaca update yang isinya selalu iklan melulu, kita bisa di remove sebagai teman oleh sahabat yang lain. Bisnis juga ada etikanya kali bung….
6.Facebook bisa menjadi sarana dakwah yang efektif. Anda bisa mencari teman teman yang aktif berdakwah lewat facebook yang selalu tak bosan menulis status yang isinya pencerahan spiritual dan membuat notes notes yang berisi siramin rohani untuk menyiram jiwa jiwa yang gersang (Duh bahasanya….), bagi yang menggunakan Facebook untuk keperluan ini, mohon mempertimbangkan bahasa yang digunakan. Tidak terlalu menggurui dan bersifat memberi pencerahan, bukan mengecam dan mendiskreditkan pihak lain. Dengan bahasa yang dikemas lebih santai, saya rasa facebook bisa digunakan untuk Amar Ma’ruf Nahi Mungkar.

Nah, selain itu para sahabat,
FB juga mempunyai sisi minus yang harus diakali serta diantisipasi oleh semua orang,
1.FB bersifat addicted. FB, bagaikan rokok yang bisa menjerat anda dalam rutinitas yang tak jelas. Kecanduan FB membuat anda merasa kurang afdol apabila tidak membuka FB dalam beberapa waktu. Sehingga akhirnya banyak kerjaan dan kegiatan yang tidak maksimal gara-gara kita mengerjakannya sambil bermain Facebook dengan kawan lain baik dalam satu kantor maupun lain instansi. Banyak kejadian pemecatan karyawan karena ketahuan bermain FB di kantor, nyupir sambil chatting dengan temen FB bisa membahayakan diri nada sendiri dan orang lain, Ibu Ibu menelantarkan anaknya kerana main FB dan sebagainya, dan berbagai kejadian minus yang patut kita prihatinkan.
2.Hati hati dengan account account palsu yang memanfaatkan FB untuk tujuan yang kurang baik. Sarana persahabatan palsu ini biasanya dilakukan oleh oknum oknum tak bertanggungjawab yang mencari korban untuk di manfaatkan secara financial maupun secara seksual. Anda yang merasa masih ABG, Anak Baru Gede atau Angkatan Babe Gue, harap hati-hati menanggapi ajakan ketemu oleh teman teman FB yang belum jelas identitasnya.
3.Hati hati bergaul di facebook. Tak jarang yang menjadi cinta karena chatting. Etika. Etika. Etika. Kalau masih single ya memang maunya, dan alhamdulillah kalau sampai ketemu jodoh. Tapi kalau anda sudah berstatus doble, bisa berbahaya! Jangan ada kata SLI ( selingkuh Itu Indah)!Kekhawatiran para ulama memang ada benarnya, karena bagi orang-orang yang tak mampu menahan diri, Facebook merupakan peluang besar untuk bermain api.
4.Kabarnya di Israel Facebook digunakan sebagai ajang untuk merekrut mata mata oleh teroris, Di Amerika Facebook juga digunakan sebagai sarana untuk mengundang orang lain untuk mengikuti sebuah pesta seks. Di Indonesia… Saya tak berani menyebutkannya.

Tips aman bermain FB:
1.Jangan berbagi password dengan orang lain siapapun dia. Hal ini sangat berbahaya karena nama anda bisa disabotase untuk menyampaikan hal-hal buruk diluar kehendak anda tetapi seolah-olah itu keinginan Anda, atau foto foto pribadi anda yang tak layak dinikmati khalayak umum, bisa diupload untuk tujuan mencemarkan nama baik. Bahkan di Inilah.Com memberitakan bahwa Peneliti keamanan memperkirakan penjahat cyber menargetkan login facebook, karena user biasanya menggunakan password yang sama untuk berbagai situs. Dengan menguasai facebok, bisa menjadi langkah awal untuk menguasai online banking. So, waspadalah. Jangan sekali kali menggunakan password yang sama untuk keperluan berbeda. Berbahaya.

2.Batasi waktu penggunaan FB, putuskan berapa kali anda harus online setiap hari dan berapa lama, kecuali anda punya software khusus yang membuat anda terlihat selalu online padahal tidak ( hehe itu yang dilakukan oleh penulis, I cheat everyone). Selain membuat kantong anda jebol, anda juga harus bersosialisasi dengan lingkungan anda, bertemu langsung, berjabat tangan dan saling bertukar senyum tulus persahabatan. Anda bisa pandang dunia ini luas tanpa batas di FB, tapi anda juga bisa pandang dunia ini sangat sempit di FB)
3.Jangan terlalu mengumbar permasalahan pribadi di FB, kalaupun harus dan butuh comment, maka gunakan bahasa yang terselubung, tersirat, jangan vulgar dan jangan terlalu transparan, jagalah privasi Anda. Ingat, Orang akan menilai kepribadian anda lewat status status yang anda tulis di Wall. Ada orang yang selalu saja mengeluh, tak pernah bersyukur atas apa yang ada, ada yang hanya menulis simbol simbol ga jelas yang bikin sebel dan memusingkan kepala, ada yang selalu sharing atas aktivitas sehari-hari dan seterusnya.
4.Jangan sembarangan confirm atas friend request yang datang ke anda, lihat dulu profilenya, kalau kira kita pantas boleh dijadikan teman, tetapi kalau hanya main-main, apalagi dengan profile yang minim, serta nama nama yang please deh, masak account FB namanya wewe gombel. Reog ponorogo, kuntilanak dan sebagainya….. yang begitu..begitu ignore alias abaikan saja…….
5.Sebagai sarana belajar, jangan ubah setting FB anda menjadi bahasa Indonesia, biarkan pakai bahasa Inggris, anda akan terbiasa dan anda dengan sendirinya akan tahu kata kata bahasa Inggris apa saja yang ada di menu FB.
OK Guys, selamat ber Fb ria. semoga bermanfaat. Plus minus Facebook bersifat relatif. Anda bisa setuju dengan saya atau bertolak belakang dengan saya, itu hal biasa. Anda mengatakan facebook positif, its OK, anda mengatakan facebook negatif alias minus.. its allright….Mau jadi pengguna, hayo silahkan add saya.

Ditulis di Parungpanjang
Tanggal Jumat, 04 September 2009
Oleh Endang Setiyaningsih

2 Komentar to “FACEBOOK PLUS MINUS”

  1. hmmm plus minus emg,kadang org baik bs jadi jahat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: