Mengatur Widget di WordPress

Widget adalah bagaian yang saya anggap penting dalam sebuah blog yang dinamis, karena dari widget inilah kita bisa menampilkan sesuatu yang akan menjadi karakter blog kita.

Saya menulis ini dengan asumsi pembaca sekalian adalah Bloger pemula, yang baru bisa membuat Blog dari rujukan orang lain, semisal teman atau melalui tulisan di Blog yang tak disengaja di dapat dari search Google. seperti pembahasan penulis sebelumnya.

Pada tulisan sebelumnya penulis sudah memaparkan sedikit banyak bagaimana caranya “Memposting” sebuah tulisan di Blog Yang barusaja di Buat . sekarang kita lanjutkan pembahasan berikutnya, yakni mengatur Widget. nah, sbelumnya pasti karena asumsi penulis pembaca sekalian adalah Bloger pemula, sudah pasti belum kenalan sama yang namanya “Widget”. sehingga pasti bertanya-tanya apa sih Widget itu?

Widget adalah sebuah kotak yang berisi kode-kode di mana anda dapat memindahkan ke dalam sidebar di manapun anda mau

Anda dapat menggunakannya untuk personalisasi pembaca sekalian dan memperoleh informasi yg Pembaca inginkan hanya dengan melihatnya dari widget sidebar.

semisal yang tertera di kolom sebelah kiri Blog ini, coba lihat deh , disitu ada “Trapik Pengunjung Blogku”, ada ” Komentar terakhir” dan lainnya. nah itu yang disebut dengan Widget. fungsinya kalau menurut penulis sih, disamping untuk memudahkan pembaca dalam mendapatkan sebuah informasi dari blog yang di baca, juga untuk memudahkan pembuat blog dalam menyajikan sebuah tulisan yang tak mungkin dong di “jejerin” gak karuan. atau Widget juga , bisa untuk mempercantik halaman sebuah Blog.

Nah sekarang setelah Tahu apa sih Widget itu, kita mulai dengan bagaimana cara membuatnya, atau menempatkan Posisi Widget di Blog yang baru saja di buat tersebut.

Bagaimana caranya?

Perhatikan dengan serius langkah – langkah berikut supaya pembaca Blog sekalian tidak salah dalam menentukan jenis widget dan meletakannya pada posisia yang kurang enak di lihat.

Langkah Pertama

pertama

Dalam hal ini pembaca sekalian sudah berada dalam posisi di jendela “Dasbord” Blog masing-masing.
leihat di sebelah kiri ada ikon-ikon yang mewakili seluruh fungsi yang dapat digunakan untuk semua keperluan Bloger .nah sekaran coba klik ikon yang mewakili Fungsi tampilan. di sebelah mana sih?

Kalau tidak tahu, coba klik satu persatu semua ikon tersebut, nah pada klik yang menunjukan Fungsi ‘”Tampilan”, di bawahnya adalah sub-sub dari menu Ikon tampilan tersebut. terdiri dari Tema; yang bisa digunakan untuk mengubnah templete Blog kita. extras, Custom Header, dan Edit CSS. nah, klik pada pilihan Widget.

Langkah Kedua

Setelah meng-klik sub menu Widget, kita akan di bawa pada jendela Widget itu sendiri. di situ kita disuguhkan dengan berbagai fasilitas Widget yang bisa kita gunakan sesuka hati sesuai keinginan kita. apa saja fasilitas Widget yang bisa kita pergunakan ?
Widget Terdiri dari:

Widget-widget Standar

Semua ini akan tampil sama di setiap blog (namanya juga standar khan). Anda hanya dapat memiliki sebuah dari tiap widget ini. Anda tidak dapat mengubah tampilan dan kerjanya.

Akismet

Menunjukaan jumlah komentar spam yang berhasil ditangkap oleh Akismet

Archives (Arsip)

Tulisan yang pernah dibuat

Blog stats (Statistik Blog)

Angka yang menunjukkan jumlah pengunjung

Calendar (Kalender)

Menampilkan tanggal saat ini, termasuk tanggal saat kita melakukan pengiriman tulisan

Categories (Kategori)

Semua tulisan pada blog yg dikelompokkan dalam kategori. (Ingat – kategori yang kosong tidak ditampilkan)

Links (Tautan)

Tautan Blogroll (Ingat – Tautan yang tidak dikategorikan tidak akan muncul)

Pages (Halaman)

Jika anda ingin menampilkan halaman yang pernah dibuat pada kolom sisi widget. Jika anda ingin mengurutkan halaman yag pernah dibuat, cobalah ini.

Meta

Anda tidak harus menggunakan ini. Anda dapat masuk( log in) pada http://wordpress.com dengan menambahkan /wp-login.php ke alamat blog anda. Sebaiknya sih tetep ditampilkan sehingga kalau log ini tinggal klik login saja.

Recent Posts (Tulisan Yang Baru lalu)

disini biasanya akan menampilkan beberapa tulisan yang sudah berlalu, atau sudah lama.

Widget yang dapat diubah

Dengan widget ini anda dapat meletakkan beberapa informasi yang anda miliki atau dari layanan informasi lain.

del.icio.us

Layanan Widget ini cukup untuk mewakili keindahan seluruh tampilan Widget Blog anda.

Flickr

Letakkan gambar yang anda miliki dalam blog anda, semisal photo atau image lain yang begitu berkesan buat anda.

Meebo

Ngobrol secara Online lewat blog anda

RSS

Tampilkan informasi dari sumber lain dalam kolom sisi (sidebar) anda

Sonific

Apakah ingin memainkan musik pada blog anda?

Text (Teks)

Kata-kata dan atau gambar yang ingin anda tampilkWidget yang dapat diubah

Oke. setelah anda menggunakan widget-widget tadi , ada satu hal yang tidak boleh pembaca sekalian lupakan . apakah itu?
ya, ini paling penting. setelah kita memilih untuk menmpilkan sebuah widget dan atau setelah mengeditnya , maka kita harus selalu mengklik

“Simpan Perubahan”

kalau tidak, semua widget yang kita buat tidak akan pernah tampil di halaman Blog Kita.

Selamat mencoba!

33 Responses to “Mengatur Widget di WordPress”

  1. ya2……………….

  2. Waw makacih atas informasinya. Yang saya cari di blog ini adalah fungsi ‘Blog stats’.
    Terus bagi anda yang mau berkunjung ke blog cerita saya silahkan. Alamatnya : http://bacaanmenarikku.wordpress.com
    Saya tunggu anda dan komentar anda…

  3. makasih ya mas untu artikel yang ini, saya terbantu atas penjelasannya,

    mas, numpang nampang blog ya,

    temen2 tolong disempetin untuk berkunjung ke blog saya ya di: http://blognyasukmasuci.wordpress.com

    makasih . . . . ^_^

  4. Mas, kalo ngatur widget dari situs lain biar, di blog saya jadi ga beraturan widgetnya mas…
    ada yang kepinggir, ada yang ditengah, jadi ga rapi..
    pliiiis reply..

  5. buat blognya di apa? WP or Blogger?

  6. kalau artikel aku ngak bisa di komenin, kenapa tuh mas? thanx b4

  7. Pada pengaturan(sebelah kiti widget dashboard), pada pilihan Diskusi tentukan seting untuk komentar blog anda….

  8. maanstaap bang…thanx infonya..
    jangan lupa mampir ke gubuk saya http://namakuputrakusuma.wordpress.com/

  9. mw nanya mas, klo mw bikin galery di wp bisa g? and langkah”x seperti apa? terima kasih sebelumnya

  10. makasih mas. mampir2 yh ke http://bandoenglover.wordpress.com ! Mhn kritik & saran membangunnya. Tq.🙂

  11. trimakasih banyak, infonya sangat bermanfaat

  12. thx atas infonya sangat membantu bagi blogger pemula sprti saya. Mohon pencerahan

  13. mas, saya pengen tanya, gimana caranya ngatur widget supaya rapi, soalnya ada yang dipinggir, ditengah, gak beraturan gitu? blog saya wp.
    http://hensos4ever.wordpress.com

  14. setiap tmplate yg kita pake g semuanya langsung kolop dgn keinginan kita, ada yg mbikin widget qt g karuan. tapi buat ngatur widget biar rapi kita atur di format html nya aza, sesuaikan size nya dgn size kontent tmlt qt….

  15. wah makasih mas….jadi tambah pinter deh…

  16. Mas mau nanya:
    Bagaimana caranya membuat resume artikel di homepage wordpress, sehingga yg tampil cukup resumenya saja tdk semua artikel. terima kasih mas.
    silahkan kunjungi blog saya http://www.regionaleconomy.wordpress.com

  17. regionaleconomy nama blog yang bagus, jawabannya lihat saja di https://tenjocity.wordpress.com/tutorial-blog/membuat-readmore-di-wordpress/
    makasih kunjungannya!

  18. kalau mau menampilkan 2 atau lebih widget teks bisa atau tidak ?
    misalnya mau menampilkan ym dan gambar, dua2nya kan butuh dimasukkan ke dalam widget teks, apa bisa seperti itu ?

    trims

  19. Saya sangat terbntu skali dengan info ini mas………..
    meski blum kenal tpi saya ucpin terima kasih skali bwat post ini……..
    maklum mas masih awam ,jdi diharapin bgt postinganya yang berhbungan dengan “cara ngeblog” untuk pemula

  20. kalo widget hanya bisa ditampilkan di bagian footer saja ya mas?di bagian header atau sidebar ngga bisa ya?

  21. mas jka bisa tutorialnya dilengkap dengan gambar biar mudah saya menirunya, karena templet wordpres berbeda2 ,,,makaasih atas tutorialnya, salam kenal

  22. wah boleh juga tuh mas di coba satu persatu karena saya pengguna baru wordpress

  23. Makasih atas infonya gan..saya juga newbie soalnya..hehe..

  24. Apa bedanya blog gratisan sama blog premium gan? Tx be4

  25. kenapa saya ga bisa membaca blog dari omkicau?

  26. meruah jumah kolom dimana ya .. iklan saya cuma tampil separo .. kayaknya iframe widetnya 2 kolom. tks

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: