Kliping SEO

Belakangan ini istilah SEO menjadi sesuatu yang “sepertinya” wajib dimengerti oleh mereka yang berkecimpung dibidang Web develover atau mereka yang tertarik dengan analisa dan trafik daaari sebuah perkembangan website. Sebab kehebatan seseorang dalam membuat sebuah Website belumlah lengkap tanpa pengetahuan tentang SEO. Sebab buat apa sebuah situs dibuat sedemikian ciamiknya tetapi miskin pengunjung.

SEO alias Search Engine Optimizations atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai suatu teknik dalam meningkatkan trafik pengunjung melalui mesin pencari ke Website kita. Sedangkan tujuan dari SEO adalah bagaiamana menempatkan halaman website kita pada chart tertinggi dari mesin pencari atau minimal berada pada halaman depan mesin pencari tersebut.

Secara sederhana bisa kita artikan sendiri tujuan dari SEO tak lain bagaiamana menempatkan posisi halaman Web kita berada pada posisi tertinggi dalam index pencarian mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan linnya. Dan biasanya yang menjadi parameter adalah mesin pencari Google. Semaikin berada dalam index tertinggi halaman web kita maka disitulah ukuran keberhasilan teknik SEO yang kita gunakan tersebut.

Secara logis jika halaman website kita berada di urutan pertama index mesin pencari maka kemungkinannya makin banyak pengunjung yang mampir ke Website kita.

Sejarah SEO

Dari Wikipedia.org:

Menurut Danny sulivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 JUli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Unsenset.  Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks  sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh wbmaster melalui metatag pada kode htmlsitus web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian  kat kunci.  Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry page dan Sergey brin,  dua mahasiswa doktoral ilmu Komputer mahasiswa universitas Stanmfrod, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRaank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah linkyang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo  atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi ebmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.(diambi dari http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari).

Setelah mengetahui apa itu SEO dan bagaiamana awal sejarahnya sekarang mulailah mengetahui teknik-tenkik SEO:

Baca artikel-artikel seputar SEO berikut:

  • Teknik SEO
  • Bagaimana menggunakan Teknik SEO yang ampuh
  • Kumpulan Tool SEO gratisan
  • SEO untuk WordPress
  • Bermain-main dengan Google Trends untuk SEO anda
  • Menggunakan situs jejaring untuk dongkrak Website anda
  • dan linnya

One Comment to “Kliping SEO”

  1. sangat informatif gan, trims gan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: