Mengumpulkan Berkas Kurikulum

Saya menyadari betul tidak mudah untuk mendapatkan berkas-berkas administrasi Kurikulum sekolah, terutama kurikulum SMK. Untuk mendapatkan berkas kurikulum sesuai yang dibutuhkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya bersilaturahim dengan pengawas pembina, bersilaturahim dengan bagian kurikulum di SMK yang memiliki kredibilitas bagus, mengundang konsultan pendidikan, dan mencarinya menggunakan Internet. Cara yang terakhir saya yakin yang paling sering dilakukan. Sebab tidak mudah mendapatkan berkas administrasi kurikulum dari Pengawas Pembina, sebab tidak semua pengawas memiliki berkas lengkap sekalipun mereka paham proses pembuatan berkas-berkas kurikulum tersebut. Begitupun kalau kita bersilaturahim dengan bagian kurikulum dari sekolah lain, tidak mungkin mereka memberikan semua berkas kurikulum. Dengan konsultan pendidikan memungkinkan untuk mendapatkan berkas yang lengkap, tapi konsekuensinya sekolah harus merogoh biaya yang cukup.

Pada kondisi ideal sebaiknya bagian kurikulum membuat sendiri semua berkas-berkas administrasinya, tapi faktanya tidak semua Guru yang diberi tugas tambahan mengurusi kurikulum memiliki pengalaman dan kompetensi dibidang kurikulum. Pendelegasian tugas tambahan kurikulum juga sering dilakukan karena pertimbangan Guru ybs orang lama, atau karena tidak ada lagi pilihan guru untuk diberi amanah mengurusi kurikulum.

Padahal urusan kurikulum merupakan bagian vital dalam menentukan kualitas pendidikan di satuan pendidikan. Pengetahuan terhadap merancang kurikulum satuan pendidikan dan administrasi kurikulum sangat diperlukan.

Sebagaimana kita ketahui, kurikulum merupakan alat sentral bagi keberhasilan pendidikan, dan Guru yang diberi amanah untuk mengurusi kurikulum memiliki tangungjawab atas keberhasilan pendidikan di satuan pendidikan, tentu pada eksekusinya melibatkan semua guru dan civitas sekolah, tapi semua pelaksanaan proses pendidikan tersebut berpedoman pada kurikulum.

Untuk hal tersebut, saya sangat tertarik untuk membuat startup kurikulum seperti yang sudah saya tulis pada posting sebelumnya. Melalui laman web saya bisa berbagi berkas-berkas administrasi kurikulum yang dibutuhkan oleh urusan kurikulum di satuan pendidikan. Problem bagi saya tentu sama seperti guru yang diberi amanah mengurusi kurikulum, yaitu pada proses pengumpulan berkas kurikulum tersebut. Disinilah tantangannya, bisakah saya mengumpulkan berkas-berkas kurikulum tersebut dari Guru-guru di seluruh Indonesia yang diberi amanah sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum?

Semoga bisa! Jika ini bisa terealisasi maka akan sangat bermanfaatnya bagi perkembangan lembaga pendidikan di Indonesia…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: