Modul Pelajaran Informatika

Saya bersama seorang teman berencana membuat modul pelajaran informatika untuk tingkat SD SMP, tapi sampai saat ini belum mendapatkan silabusnya. Menarik bagi saya untuk bisa membuat modul informatika tersebut, sepertihalnya waktu saya menyusun modul TIK untuk siswa Sekolah Dasar pada tahun 2013 sebelum akhirnya mapel TIK dihilangkan dari struktur kurikulum pada era menteri pendidikan Muhamad Nuh dengan segala kontroversinya. Alhamdulillah menteri pendidikan saat ini, pa Muhajir kembali memasukan mata pelajaran TIK kedalam struktur kurikulum dengan format yang berbeda yaitu Informatika.

Konsep mata pelajaran Informatika berbeda dengan mapel TIK sebelumnya. Dari beberapa informasi yang beredar, mapel Informatika tidak hanya membahas word, excel, powerpoint, tapi mempelajari Computational Thinking dengan materi STEM Computer Science or Coding Computer Programming.

Sudah tidak sabar rasanya ingin segera melihat isi silabus mapel Informatika tersebut, dan segera membuatkan modulnya. Walau buku digital mapel Informatika sudah banyak di share di sosial media oleh temen-temen guru TIK, tapi modul informatika yang nanti akan saya buat tentunya akan memiliki rasa yang berbeda, setidaknya materinya tidak panjang lebar seperti dalam buku. Dan orang yang menggunakan modul informatika akan lebih cepat memahami dan mempraktikan materi yang ada dalam modul.

Bagi teman-teman yang penasaran ingin melihat seperti apa modul pelajaran informatika yang akan saya buat, silahkan mengunjungi kembali blog ini dilain waktu! Dan pada saat anda mengunjungi blog ini, mudah-mudahan modulnya sudah selesai dibuat. Semoga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: