Marketing Sekolah, Pentingkah?

Sebentar lagi tahun ajaran baru, bagi sekolah swasta tahun ajaran baru tersebut merupakan tahun promosi dan sekaligus alat ukur peningkatan kepercayaan masyarakat. Kalau perolehan siswa barunya banyak, melebihi kuota kelas yang tersedia, maka sekolah swasta tersebut dianggap baik oleh masyarakat. Baik, bisa dari segi mutu dan pelayanannya, atau bisa juga ada hal-hal lain yang dianggap baik misalnya biaya sekolah yang terjangkau, gedung sekolah yang bagus, dan seterusnya. Bagi sekolah swasta elit, tentu yang di ukur adalah kualitas, tapi bagi sekolah swasta yang biasa saja lebih kepada keterjangkauan biaya sekolah. Lalu untuk bisa mendatangkan banyak siswa baru tersebut perlukah marketing sekolah?

Marketing sekolah khusus yang disiapkan untuk segala bentuk kebutuhan mempromosi dan menjaring siswa baru, bukan marketing dadakan yang anggotanya adalah relawan guru yang dibagi jadwal untuk datang ke sekolah inputan.

Pendapat saya, marketing sekolah itu sangat diperlukan. Bagaimana informasi sekolah bisa sampai dan informasi tersebut bisa meyakinkan para calon siswa dan calon orang tua siswa untuk bersekolah dan menyekolahkan anaknya di sekolah kita, harus disampaikan dengan benar, dan yang menyampaikannya harus benar-benar tim yang memiliki kemampuan menjual produk, yaitu sekolah.

Bisa jadi sekolah swasta kita memiliki kelebihan / keunggulan di banding sekolah swasta lainnya, tapi lantaran tidak ada yang menyampaikan informasi secara masif dan benar maka segala keunggulan tersebut tidak diketahui masyarakat. Atau jika disampaikan oleh orang yang tidak memiliki kemampuan menjual produk, maka informasi-informasi promosi tersebut hanya didengar lalu dilupakan.

[ tulisan masih akan saya lanjutkan ]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: