Terus Belajar Menjadi Guru Profesional

Semua guru tentu berharap bisa menjadi guru profesional, guru yang memang layak disebut guru, bukan lantaran karena seragam guru atau karena kesehariannya bolak balik di sekolah. Untuk menjadi guru profesional tentu harus memiliki beberapa kualifikasi, dan kualifikasi tersebut tidak mudah dipenuhi. Sebagai orang yang sudah memilih profesi pendidik tentu saya terus berupaya untuk bisa menjadi guru profesional. Satu-satunya cara untuk bisa menjadi guru profesional yaitu dengan ketekunan untuk terus meingkatkan kompetensi, terus belajar, dan mau memperbaiki kesalahan dan kekurangan sebelumnya.

Untuk memenuhi kualifikasi guru profesional setidaknya guru harus memiliki 4 kompetensi seperti yang tertuang dalam Pasal 8 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Tidak mudah memang untuk memiliki 4 kompetensi tersebut, tapi harus mengupayakannya. Saya, menjadi guru tapi tidak berlatar pendidik, melainkan dari lulusan profesi dan sebelumnya di dunia industri. Lantaran itu, saya harus berjuang sangat keras untuk bisa menyetandarkan kemampuan dengan profesi pendidik ini. Harus banyak bertanya dan belajar kepada senior, harus banyak membaca dan membuka informasi terkait profesi pendidik ini.

Untuk terus belajar menjadi guru profesional, dibutuhkan keteguhan hati, karena ada banyak tantangannya, baik dari dalam diri sendiri, misalnya gaji dari sekolah yang tidak besar bisa menggoyahkan hati untuk terus belajar menjadi guru profesional. Lingkungan sekolah yang tidak mendukung dan tidak ada atmosfer membangun semangat guru untuk meningkatkan grade kompetensinya juga bisa menggoyahkan keteguhan hati.

Akhirnya kembali lagi kepada diri kita, seberapa kuat, seberapa teguh, sebarapa tekun kah kita dalam berikhtiar menjadi guru prpfesional..

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: