Ramadhan Kali ini

Ramadhan 1439 H sebenatar lagi berlalu, tinggal beberapa hari lagi Idul Fitri menjelang. Tak terasa sebulan ternyata begitu cepatnya, seperti hari-hari yang juga begit cepat berlalu. Waktu, putaran jam, dan pergerakan matahari dari timur ke barat terasa semakin cepat saja. Misalnya sehabis makan sahur, tidak beberapa lama terdengar bunyi tanda waktu imsyak, tak lama kemudian kumandang adzan subuh, setelah solat subuh biasanya dibulan puasa karena libur langsung tidur lagi, bangun-bangun jam sembilanan. Aktivitas sebenrar, tau-tau sudah menjelang dzuhur. Apalagi kalau diisi dengan aktivitas rutinitas pekerjaan sehari-hari yang menempuh jarak lumayan, sehari itu serasa sangat sebentar.

Ramadhan kali ini, terasa biasa saja, dan ini sudah dirasakan dari beberapa ramadhan sebelumnya. Berbeda manakala waktu masih remaja, ramadhan itu terasa ramadhannya.

Manakala malam selalu berkumpul di Masjid, tadarusan sampai ke waktu sahur. Setelah sahur kembali lagi ke Masjid, kadang tidak pulang lagi sampai waktu dzuhur. Jadi terasa “hawa puasanya”.

Saat ini, antara membaca Qur’an dan membuka HP, sepertinya lebih sering membuka HP. Membaca Qur’an baru sebentar saja sudah pegal, tapi membuka HP bisa berjam-jam, bosan membalaks Chatingan WA atau cuma melihat SW, langusng beralih ke IG, melihat SG atau photo video trendingnya, tidak cukup di IG, masih ada Facebook yang juga seperti wajib untuk dibuka.

Sebenarnya dalam sosial media tersebut banyak conten-conten bernuansa ramadhan, kalaupun banyak ceramah ustadz populer, rasanya malas untuk mendengarkannya, menghabiskan kuota internet saja. Kira-kira begitu, ramadhan kali ini begitu biasa, terlalu banyak hal yang membuat suasana ramadhan itu menjadi biasa, sehingga hati ini tetep hampa dibulan yang penuh ampunan, bulan yang paling baik diantara seribu bulan ini.

Selamat hari raya Idul Fitri 1439H, mohon maaf lahir dan batin!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: