Siapapun Bisa Mengajar Mapel Komputer di Sekolah Dasar

Tidak semua guru SD mau mengajar mata pelajaran komputer apabila di sekolahnya ada mata pelajaran mulok tersebut. Alasannya bermacam-macam, seperti tidak bisa, takut salah ngajar, bingung membuat materi ajarnya, atau bukan jurusannya. Padahal mengajar mata pelajaran komputer di sekolah dasar itu mudah, alasan pertama mengapa saya menyebut mudah, karena yang akan kita ajar adalah anak-anak. Jadi materi yang kita ajarkan cukup yang dasar-dasarnya saja. Tapi kan di sekolah lain anak SD sudah diajarkan koding, robotik, game engine. Jangan membandingkan dengan sekolah lain yang sudah berani mengajarkan keterampilan tersebut yang mungkin mereka memiliki daya dukung belajar yang cukup baik. Tapi fokus saja dengan rancangan dan target pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah. Itu juga tidak mudah pak, merancang dan membuat target-target itu bukan pekerjaan mudah. Betul, tapi disitulah seninya menjadi guru, mau merancang pembelajaran, membuat target pembelajaran.

Untuk mampu merancang pembelajaran, saat ini bukan lagi pekerjaan yang terlalu sulit. Ada banyak data yang bisa diperoleh dengan mudah melalui akses internet, baik gratis maupun beli. Baik dengan mengunduh berkas yang berisi data yang dibutuhkan untuk referensi merancang pembelajaran, maupun dengan bertanya melalui surel atau chat kepada guru lainnya diberbagai belahan kota bahkan dunia.

Jadi, sudah tidak ada alasan lagi tidak berani jika diminta mengajar mata pelajaran komputer di sekolah dasar tempat anda mengajar saat ini. Kecuali memang anda benar-benar tidak bisa mengoperasikan perangkat komputer. Selama pernah belajar dan sering menggunakan perangkat komputer saya yakin tidak akan terlalu sulit untuk mampu mengajar mata pelajaran komputer untuk anak-anak usia sekolah dasar.

Lanjutkan membaca;
Tips memulai mengajar mata pelajaran komputer di Sekolah Dasar
Cara mengejar TIK/Komputer SD yang epektif dan menyenangkan

bahan ajar komputer sd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: