Mitos atau Fakta Kebanyakan Guru Komputer itu Masih Muda

Maaf sebelumnya, belakangan saya di blog ini nulisnya kebanyakan opini pribadi, padahal biasanya menulis tentang tutorial atau minimal info yang berkaitan dengan pembelajaran komputer untuk sekolah dasar. Tidak apa-apalah karena saya mau mengembalikan fitrah blog ini yang sebelumnya memang dibuat untuk menulis apa saja yang ingin saya tulis, tidak melulu pada satu topik pembelajaran komputer SD, ya seperti topik kali ini mengenai mitos guru yang mengajar mata pelajaran komputer itu harus muda. Mungkin mitos ini hanya berlaku di sekoah, kalau di kampus-kampus dosen ilmu komputer itu tidak dominan usia muda yang kepala 5 juga banyak. Namanya juga mitos, bukan kenyataan yang sebenarnya tapi sering dianggap benar. Dan kalau melihat kebanyakan guru mata pelajaran genre ilmu komputer itu memang kebanyakan di dominasi guru-guru usia muda, minimal dibawah 40 tahunan lah. Jarang sekali di sekolah ada guru komputer yang usianya diatas kepala empat. Sekali lagi ini mitos ya, atau minimal ini yang sering saya lihat di sekolah-sekolah di lingkungan tempat saya mengajar saat ini.

mitos guru komputer

Kenapa guru komputer mitosnya harus muda?

Kalau saya sendiri, sebaga guru mapel komputer yang sudah tidak lagi muda, memiliki asumsi sendiri walau ini bukan pembenaran buat mitos tersebut.

Setidaknya beberapa asumsi saya ini mungkin bisa anda benarkan hehe..

Yang pertama, ilmu komputer itu ilmu yang terus berkembang, makanya hanya guru usia mudalah yang tentunya bisa mengikuti perkembangannya. Misalnya begini, waktu saya kuliah saya cuma belajar pascal, html, visual basic, dan php. Belakangan ketiga ilmu tersebut mulai ditinggalkan karena munculnya platform smartphone dan teknologi android. Di kurikulum terbaru pun sekarang pembahasan materinya sudah ke android dengan berbagai bahasa pengantarnya.

mitos atau fakta guru komputer kebanyakan masih muda dan cantik

Saya yang sudah tak lagi muda ini hehehe

Agar bisa mengajar sesuai kurkulum tentu saya harus update pengetahuan tentang android. Harus belajar lagi tentunya. Dan ini tantangan beratnya, harus belajar lagi. Bagi sebagian guru mungkin belajar programming yang baru merupaan tantangan, tapi bagi saya yang sudah tidak lagi muda merupakan beban (hehe). Karenanya mitos kenapa guru komputer harus mudah salah satu alasannya yang ini, updating keilmuannya.

Yang kedua, kalau yang ngajar ilmu komputer masih muda, biasanya siswa juga antusias dan lebih tertarik dan dekat dengan gurunya. Tapi kalau yang ngajarnya sudah sepuuh tingkat antusias siswa pun cenderung berkurang, bukan soal gurunya yang tidak bisa mencairkan suasana kelas, melainkan topik pembicaraanya yang sudah kurang update. Terutama pada saat membicarakan teknologi terbarukan, karena guru yang sudah sepuh cenderung sudah merasa nyaman dengan teknologi yang selama ini digunakan maka jadi kurang pengetahuan dengan teknologi yang baru. (lagi-lagi ini mungkin cuma alasan saya saja hehe).

Terus, kalau mitosnya guru komputer harus muda, bagaimana dengan guru komputer yang sudah tua atau mau tua? mengantisipasi hal tersebut, saya sekarang lebih fokus memperdalam tentang konsep keilmuan komputer ketimbang hal teknis seperti menulis kode programming bahasa pemrograman baru. Karena saya sadar, alat indera ini juga pasti mempengaruhi kinerja, mata mungkin lambat laun akan mulai mins, tangan juga sudah mulai tidak tahan lama ketika mengetik, belum pinggang dan lainnya hehe.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: