Mengajar Disain Grafis Percetakan SMK Jurusan Multimedia

Tahun ini saya mengajar menggunakan kurikulum 2013 pada kompetensi keahlian Multimedia. Dan mapel yang saya ampu salah satunya Disain Grafis Percetakan (DGP), selain mapel Disain Media Interaktif dan Pemrograman Web Dasar. Khusus mengenai mapel Disain Grafis Percetakan, ada beberapa hal yang perlu saya catatkan di blog ini seputar bagaimana cara mengajar mapel Disain Grafis Percetakan tersebut, atau boleh dibilang tips lah. Tips mengajar DGP ini saya peroleh dari guru senior Multimedia di SMKN 1 Cibinong, bu Dwi Kurnia namanya, pada pertemuan MGMP 4 Januari 2018 lalu. Anggap saja ini oleh-oleh dari kegiatan kumpul-kumpul kami para guru Multimedia yang bertempat di SMKN 1 Cibinong tersebut.

Oleh-olehnya adalah pencerahan tentang bagaimana seharusnya mengajar mapel DGP tersebut, bahwa sesuai dengan SK KD mapel DGP pada kurikulum 2013, point utamanya adalah pengenalan tools software pengolah vektor. Tiap KD harus menghasilkan produk. Untuk contoh pada KD 4.1 dan  4.2 produk yang dihasilkan berupa Logo, bisa juga kartu nama. Jadi sebelum membuat RPP, sebaiknya tiap KD ditentukan lebih dahulu produk yang akan dihasilkan nantinya.  Setelah produknya sudah kita tentukan baru dibuatkan buku kerjanya / job sheet.

Cara mengajarnya berbasis proyek. Siswa mengerjakan proyek sesuai KD dan produk yg sudah ditentukan tersebut. Proyek yang siswa kerjakan dibuat sungguhan, artinya proyek yang mereka kerjakan benar-benar proyek berdasarkan order klien. Jadi para siswa mencari klien, menawarkan produk yang bisa mereka buat sesuai KD mapel tentunya, ada penawaran dan deal. Outputnya proyek yang dikerjakan siswa semuanya memiliki nilai transaksi.

Untuk memudahkan mengajar mapel Disain Grafis Percetakan ini, beberapa hal yang perlu guru buat adalah;

1). List produk yang akan dihasilkan sesuai KD mapel
2). Job seheet / buku kerja yang akan menjadi pegangan siswa
3). Modul yang isinya berupa cara membuat produk sesuai lis produk yang sudah ditentukan
4). Contoh proposal penawaran

Nah 4 media diatas harus dimiliki oleh guru yang akan mengajar mapel DGP, jika ingin mengajarnya sesuai dengan model pembelajaran teaching factory (TEFA).  Saat ini saya sedang mencoba menyusun 4 media tersebut….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: