Excel VBA Programming Untuk Aplikasi Sekolah

Aplikasi-aplikasi kecil dalam bentuk template memang lebih mudah menggunakan Microsoft Excel, atau spreadsheet lainnya. Karenanya wajar kalau aplikasi-aplikasi sekolah kebanyakan dibuat menggunakan spreadsheet tersebut. Dan fakta lainnya kenapa aplikasi sekolah, belakangan yang lagi rame adalah aplikasi Rapot Kurtilas, hampir semuanya menggunakan Microsoft Excel, termasuk aplikasi rapot yang dari Dinas sendiri, walau belakangan muncul e-Raport yang saat ini masih dalam tahap ujicoba terkait sinkronisasi dengan aplikasi Dapodik. Kenapa aplikasi sekolah kebanyakan dibuat menggunakan Microsoft Excel? Jawabannya sederhana, pertama mudah membuatnya, kedua mudah menggunakannya, tidak perlu instal ini itu dan spesifikasi macem-macem.

Aplikasi berbasis Excel bisa dibuat oleh mereka yang memahami excel VBA programming. Programming ini memang mudah dipelajari tanpa harus memahami struktur penulisan kode. Cukup memahami fungsi kode ini untuk apa, kode itu untuk apa. Bagi yang pernah belajar Visual Basic akan lebih mudah lagi tentunya. Tapi bagi mereka yang cukup paham excel saja juga pasti akan mengerti cara menggunakan kode-kode VBA tersebut.

Karena besarnya manfaat dari Excel VBA Programing tersebut, semestinya di level Sekolah menengah materi ini diajarkan. Terutama untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan bidang kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Tapi saat ini, setahu saya, sepertinya materi Excel VBA Programming ini belum masuk dalam strutur kurikulum tiap kompetensi keahlian di SMK tersebut, pada mapel Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK, masih pada materi rumus fungsi, begitupun pada mapel mulok Aplikasi Perkantoran pembahasannya masih pada penggunaan rumus fungsi dan formula.

Mungkin harus dibuatkan khusus mapel Excel VBA Programming?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: