Kenapa Anak Kecil Lebih Cepat Tahu Cara Menggunakan Aplikasi

Bagi anda yang sudah punya anak, terutama yang masih kecil-kecil, usia TK atau kelas 1 SD pasti sering dibuat tersenyum-senyum sendiri ketika melihat anak anda mengutak-atik aplikasi yang ada dalam smartphone anda. Ini pengalaman saya pribadi, anak saya yang satu kelas 1 SD sudah “ngerti” yang namanya download, playstore, instal dan uninstal, mengaktifkan dan mematikan data internet. Padahal dulu, saya baru belajar ngetik di wordprocessor sekitar taun 2004, dan mulai utak atik internet sekitar taun 2007an ya seumuran blog ini. Waku seumuran anak saya ya paling mainnya main karet. Penggunaan perangkat teknologi yang mulai masiv memang kerap kita pertontonkan tiap hari pada anak-anak kita, walhasil anak kita melihatnya dan mengingatnya bagaimana kita mengklak klik fitur aplikasi tertentu. Lalu sebenarnya kenapa sih anak kecil itu lebih cepat paham, lebih cepat tau cara menggunakan aplikasi tertentu padahal kita tak pernah mengajarkannya?

Ternyata anak-anak itu lebih cepat mengingat sesuatu yang berbentuk visual. Fitur-fitur aplikasi umumnya didisain dengan visual yang mudah diingat, seperti icon, dan command / tombol.

Jadi yang diingat anak kita saat menggunakan fitur aplikasi itu ya simbol-simbolnya, bentuk tombol-tombolnya.

Anak-anak tau facebook, lantaran icon huruf F facebooknya. Anak-anak tau playstore, ya karena icon playstorenya. Dan seringnya melihat orang dewasa menggunakan icon-icon tersebut. Jadi kalau kita, para orang tua, sering menggunakan sosial media di smartphone kita maka anak kita pasti juga tau cara menggunakan sosial media yang sering kita gunakan tersebut.

Fitur-fitur aplikasi memang saat ini dibuat semudah dan sesimpel mungkin, jadi sepintas saja melihat langsung bisa menggunakannya. Disatu sisi ini memudahkan, tapi disisi lain juga lumayan berbahaya kalau tanpa sepengetahuan kita anak kita menggunakan aplikasi tertentu yang kita gunakan karena dalam aplikasi tertentu, misalnya sosial media, tidak menjamin tidak ditemukan konten berbahaya.

Karenanya, perhatian dan edukasi tetap juga harus masiv kita berikan kepada anak-anak kita, jangan kalah masiv dengan perkembangan teknologi yang menyerbu kehidupan anak-anak kita.

==>> Lihat Modul TIK SD Kelas 1 2 3 4 5 6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: