Bagaimanakah Membuat Soal Latihan Praktik Komputer Untuk Anak SD?

Untuk mengetahui kompetensi siswa pada suatu mata pelajaran, tentu harus ada evaluasi, jenis evaluasi ini bisa dalam bentuk tes tertulis atau praktik. Begitupun untuk mata pelajaran mulok komputer, dan jenis evaluasi yang paling pas digunakan adalah bentuk praktik. Dengan soal praktik, kemampuan siswa benar-benar terlihat mampu dan tidaknya. Tapi untuk membuat soal praktik ini, terutama soal praktik untuk anak usia SD, harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai soal praktik yang diberikan merupakan soal praktik untuk umum, tentu anak bisa saja menyelesaikan, tetapi mereka akan bingung dengan maksud soal dan manfaat soal praktik tersebut. Contohnya begini, untuk ujian praktik excel, anak diberikan soal menghitung akitva dan pasiva yang dari istilahnya saja anak-anak belum pernah mendengarnya. Dengan fungsi-fungsi formulas yang diajarkan, anak bisa saja menyelesaikan soal tersebut, tapi dari “faedah” tentu soal semacam itu tidak dibutuhkan oleh anak-anak dalam kehidupannya sehari-hari. Untuk itu buatlah soal yang riil merupakan kejadian yang mereka alami sehari-hari.

Lalu, bagaimanakah cara membuat soal yang riil dengan keseharian anak?

Untuk membuat soal praktik pembelajaran komputer, maka guru harus memperhatikan beberapa hal ini:

  • Apakah soal yang diberikan merupakan kejadian yang anak-anak temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, anak-anak sering bermain klereng, maka berikan soal yang berhubungan dengan permainan tersebut. Contoh soal excel misalnya menghitung jumlah klereng, mencari tahu jumlah klereng tiap anak, mencari tahu siapa yang memiliki jumlah klereng lebih banyak dengan fungsi operasi matematika di microsoft excel.
  • Apakah soal yang akan diberikan, sudah dipelajari materinya?
  • Apakah redaksi soal yang diberikan sudah sesuai dengan usia anak-anak?

Dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan usia anak, keseharian anak, kesukaan anak, habbit sekolah, dan seterusnya harus diperhatikan agar soal praktik yang diberikan memang benar-benar sesuai.

Dan jangan lupa pula untuk memperhatikan kaidah-kaidah penulisan dan pembuatan soal praktik lainnya…

==>Dapatkan Panduan Praktik Pelajaran Komputer kelas 1,2,3,4,5,6 SD lengkap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: