Apa Saja Yang Harus Diketahui Siswa Sebelum Menyalakan Komputer di Lab

Bagi guru mata pelajaran mulok komputer di Sekolah Dasar, sudah paham tentunya tentang standar yang harus dilakukan peserta didiknya manakala berada di lab komputer. Hal-hal demikian sering disebut standar prosedur, standar ini dibuat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan siswa pada saat belajar komputer di lab komputer. Dan ada lagi satu hal yang biasanya harus disampaikan kepada siswa, yaitu prosedur sebelum menyalakan komputer. Jangan sampai, ketika siswa baru masuk ke lab komputer langsung grabak grubuk mencari tombol power dan menyalakan komputer tanpa terlebih dahulu meminta izin kepada guru atau pembimbing praktiknya. Semuanya harus terkontrol, karena yang akan belajar adalah anak-anak, yang bisa saja karena ketidaktahuannya berakibat fatal terhadap keselamatannya. Jadi, wajar dan wajik jika guru mata pelajaran mulok komputer terus menerus memberikan informasi tentang beberapa hal yang harus dilakukan siswanya sebelum mereka menyalakan komputer untuk praktiknya. Apa saja itu?

Beberapa hal ini harus diketahui, dan harus dipatuhi siswa sebelum menyalakan komputer;

  • Meminta izin kepada guru / pembimbing praktik untuk menyalakan komputer yang akan digunakan untuk praktik. Jika diizinkan maka siswa boleh menyalakan, jika belum atau tidak diizinkan maka siswa tidak boleh menyalakan komputer
  • Melihat keadaan Powersupply apakah dalam posisi aman, tidak terbalik, ada penutup casing, tidak ada air disekitar casing, dan tidak ada kabel yang berantakan diatasnya. Jika melihat keadaan powersupply tidak aman, maka siswa harus memberitahu gurunya.
  • Menekan tombol power, sekali atau dua kali. Jika ternyata setelah menekan tombol satu atau dua kali komputer tidak menyala siswa harus memberitahu gurunya. Jangan menekan tombol power terus terusan.

Tiga hal diatas penting diketahui oleh siswa agar tidak terjadi hal-hal yang dapat mengancam keselamatan siswa. Ini bentuk prepentif guru terhadap segala bentuk hal yang berkaitan dengan kemananan siswa.

Karena komputer berhubungan dengan arus listrik, maka fokus menjaga keamanan siswa yang paling pertama adalah dari bahaya arus listrik tersebut. Maka segala bentuk aturan dan prosedur harus dibuat oleh guru untuk meminimalisir hal-hal buruk yang dapat saja terjadi.

Ingat, seaman-amannya perangkat yang terhubung dengan arus listrik, tetap saja tidak 100% aman, terutama bagi siswa yang usianya masih anak-anak usia sekolah dasar. Belajar itu penting, keselamatan tetap nomor satu.

==> Dapatkan Modul Pembelajaran Komputer kelas 1,2,3,4,5,6 SD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: