Jadikan Pelajaran Mulok Komputer Sebagai Mata Pelajaran Unggulan Bagi Sekolah Swasta

Tulisan ini khusus untuk sekolah dengan label swasta, terutama sekolah swasta yang sedang membangun brand sekolah yang mendapat tempat dihati orang tua siswa. Kita tahu, saat ini persaingan untuk mendapatkan siswa baru semakin ketat, terutama bagi sekolah-sekolah swasta, ini lantaran semakin banyaknya lembaga-lembaga pendidikan, bukan cuma kuantitas, tapi juga kualitas. Artinya semakin banyak jumlah sekolah swasta dengan kualitas pelayanan pendidikan yang juga semakin bagus, maka munculah sekolah-sekolah swasta unggulan, pavorit, dan lain sebagainya. Untuk bisa bersaing, tentu sekolah swasta harus memiliki brand, ciri khususus, dan jaminan mutu. Salah satunya dengan membuat program-program unggulan seperti diadakannya mata pelajaran unggulan, salah satunya mata pelajaran mulok komputer. Disamping tentu mata pelajaran unggulan lainnya yang menjadi ciri khusus sekolah, entah itu mata pelajaran berbasis keagamaan maupun skil keterampilan.

mata pelajaran unggulan komputer

Mata pelajaran komputer bisa menjadi mata pelajaran unggulan bersama mata pelajaran lainnya yang juga diunggulkan. Sekolah swasta yang ingin terus mendapatkan banyak siswa, mendapatkan tempat dihati para orang tua dan masyarakat perlu memperhatikan tren dan perkembangan teknologi saat ini yang berkembang begitu pesat. Karenanya mengadakan mata pelajaran komputer merupakan jawaban terhadap bagaimana sekolah mampu mengimbangi perkembangan teknologi dengan bimbingan penggunaan teknologi tersebut, dan bimbingan penggunaan teknologi tersebut haruslah tersturkutur dan sistematis, maka mata pelajaran mulok komputer menjadi pilihan yang tepat untuk proses bimbingan penggunaan teknologi tersebut bagi siswa.

Sebelumnya pemerintah sudah melalui mata pelajaran TIK sudah melakukan proses bimbingan penggunaan teknologi tersebut, tapi perubahan kurikulum yang menghilangkan mata pelajaran TIK dalam struktur kurikulum baru maka saat ini sekolah harus mengadakan mata pelajaran pengganti TIK tersebut secara mandiri, dan umumnya mata pelajaran pengganti TIK tersebut di sekolah-sekolah swasta diberi nama mata pelajaran mulok komputer.

Tidak semua sekolah mau mengadakan mata pelajaran mulok tersebut, hanya sekolah-sekolah swasta yang masih menganggap mata pelajaran TIK  sebagai maata pelajaran penting sajalah yang mau dan mampu menempatkan mata pelajaran mulok dalam struktur kurikulum sekolahnya.

Beberapa hal penting untuk menjadikan mata pelajaran mulok komputer sebagai mata pelajaran unggulan, diantaranya:

  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat perlu diimbangi dengan bimbingan, baik bimbingan penggunaan aplikasi, maupun bimbingan pemanfaatan teknologinya, knowledgenya. Hal ini penting untuk sebisa mungkin meminimalisisir penggunaan teknologi yang salah.
  • Aplikasi, atau penggunaan perangkat teknologi terutama yang berbasis komputer bisa dipelajari dengan cara yang tidak formal, bisa ditempat kursus, maupun otodidak. Tetapi knowledgenya tidak bisa diperoleh dengan cara yang tidak formal tadi. Ditempat kursus intruktur tidak akan mengajarkan knowledge, hal baik, hal buruk dari penggunaan teknologi yang mereka ajarkan ke peserta kursus.
  • Belajar teknologi secara terstruktur itu penting, mulai dari dasar, teori dulu, dan lain sebagainya yang merupakan tahapan-tahapan seperti mengajarkan bidang keilmuan lainnya, tidak tiba-tiba langsung ke intinya karena ini akan membuat siswa kosong secara teoritis dan jadi cepat sombong.
  • Peran guru sangat penting, terutama dalam hal memberikan pengetahuan-pengetahuan memanfaatkan teknologi untuk hal-hal baik. Dan ini tidak akan terjadi kalau bukan di sekolah.

Empat point diatas merupakan hal – hal penting kenapa mata pelajaran mulok komputer itu mestinya ada di sekolah. Karena penting tadi maka selayaknya mata pelajaran mulok komputer bisa dijadikan mata pelajaran unggulan. Disebut unggulan bukan berarti lebih penting dibanding pelajaran lainnya seperti matematika, pai, bahasa dan lain sebagainya. Melainkan karena tidak semua sekolah mau dan mampu mengadakan mata pelajaran mulok komputer tersebut dalam susunan mata pelajaran di struktur kurikulum sekolahnya, maka disebutlah mata pelajaran mulok ini sebagai mata pelajaran unggulan.

Contoh kasus, di sekolah tempat saya mengajar, mata pelajaran mulok komputer ini menjadi mata pelajaran unggulan bersama mata pelajaran tahfidz qur’an, bahasa inggris dan bahasa arab.

Dan secara marketing, lantaran mata pelajaran unggulan itulah sekolah swasta tempat saya mengajar tersebut mendapat predikat sekolah unggulan. Tentu, program-program unggulan lain dan sistem pendidikan yang dibangun juga menjadi penilaian tersendiri untuk mengkategorikan sebuah sekolah menjadi unggulan.

———————-
Promo: dapatkan Modul TIK/Komputer kelas 1,2,3,4,5,6 SD terbaru disini

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: