Ceklis Media Mengajar Yang Harus Ada Untuk Mata Pelajaran TIK/Komputer

Sebentar lagi awal masuk tahun ajaran baru, saatnya kembali ke sekolah. Banyak hal yang harus disiapkan oleh guru, tentu yang disiapkan, ini rutinitas sebenarnya. Tapi selalu ada hal yang perlu diperbarui, misalnya mengenai media mengajar, tentu masih bisa menggunakan media yang pernah atau sering digunakan di tahun ajaran sebelumnya, tapi akan lebih baik jika memperbarui media-media tersebut. Ini bukan semata-mata tahun ajaran baru semuanya harus baru, bukan, melainkan untuk lebih meningkatkan rasa nyaman dan aman saat mengajar saja. Nyaman artinya ketika mengajar tidak bingung harus bagaimana menjelaskan sesuatu yang butuh media ini itu. Aman artinya guru jadi tenang karena semua media yang dibutuhkan sudah ada. Untuk itu guru perlu membuat ceklis media mengajar apa saja yang harus ada sebelum hari pertama masuk sekolah dimulai.

Temen-temen yang mengajar mata pelajaran mulok komputer, dulu TIK, di Sekolah Dasar haru membuat ceklist tersebut. Media apa saja yang sudah ada, dan media apa saja yang belum ada.

Untuk membuat ceklis media mengajar yang harus ada, guru tinggal melihat media mengajar sebelumnya, kemudian mengevaluasinya apakah ada media yang dirasa sudah tidak tepat, sudah tidak maksimal, sudah tidak relevan untuk digunakan kembali ditahun ini. Atau, mungkin semuanya sudah relevan tapi masih membutuhkan media tambahan lainnya untuk penunjang mengajar materi tertentu. Ini perlu dicatat, kemudian diolah menjadi proposal pengajuan alat ke manajemen sekolah.

Buat terlebih dahulu daftar ceklis media mengajar yang sudah ada, misalnya seperti dibawah ini;

CEKLIS MEDIA MENGAJAR KOMPUTER

Buat lebih spesifik lagi sesuai dengan keadaan sekolah masing-masing. Acuan membuat ceklis media mengajar tersebut adalah silabus. Lihat silabus mata pelajaran tik/komputer, lihat pada materi ajarnya, dari situ nanti guru bisa memetakan materi apa saja yang membutuhkan media tertentu.

Dengan media yang sudah siap semua, guru akan lebih nyaman dan aman dalam mengajar mata pelajaran komputer ditahun ajaran baru ini. Jangan lupa, untuk selalu update perkembangan dunia pendidikan terbaru, termasuk didalamnya perkembangan teknologi yang digunakan untuk menunjang proses belajarnya. Selalu ada yang terbaru, dan guru harus “peka” terhadap sesuatu yang baru tersebut, tentu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Jangan lupa, untuk mengajar TIK lebih mudah bisa menggunakan Modul komputer. Lihat modul komputernya disini..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: