Adakah materi TIK smp yg bisa disampaikan cukup dengan papan tulis dan spidol?

Judul tulisan kali ini merupakan pertanyaan dari salah satu komentar pengunjung blog pada tulisan saya yang ini; mengajar tik tanpa komputer. Pertanyaan tersebut itu yang terjadi bagi guru yang mengajar mata pelajaran TIK, atau mulok Komputer dibeberapa daerah yang tidak memiliki fasilitas komputer. Hal seperti itu juga pernah saya alami, waktu itu saya mengajar mapel TIK pada tahun 2007 di salah satu SMP Satria Kencana, Cisereh,Cisoka, kabupaten Tangerang, walhasil saya hanya mengajar secara teori dan untuk praktiknya terpaksa saya patungan dengan teman untuk membeli satu unit komputer yang dipake rame-rame secara bergantian oleh anak-anak.

materi micreteaching guru TIK

Menjawab pertanyaan, adakah materi TIK SMP yang bisa disampaikan cukup dengan menggunakan media papan tulis dan spidol?

Ada. Bukan cuma ada, tapi banyak.

Karena mata pelajaran TIK itu terdiri dari aspek teknologi informasi, dan aspek teknologi komunikasi. Untuk teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi, teknologi yang digunakan salah satunya Komputer. Sedangkan untuk teknologi komunikasi berkaitan dengan penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya, lebih kepada medianya, contohnya surat kabar, radio, televisi, dan lainnya.

Jadi, sangat bisa, jika mengajar TIK hanya bermodal papan tulis dan spidol. Ada materinya, materi yang berkaitan dengan teknologi komunikasinya. Guru bisa ceramah, menjelaskan sejarah komunikasi sampai ke perangkatnya, fungsi dan manfaatnya, termasuk hal baik dan hal buruknya, Banyak sekali pokoknya materi yang bisa disampaikan dengan metode ceramah, yang tentu media yang digunakan bisa cuma dengan bermodal papan tulis dan spidol. Jika mau yang lebih kreatif, bisa menggunakan slide powerpoint yang ditampilkan melalui proyektor.

Untuk materi teknologi informainya juga bisa, masih banyak materi teknologi informasi yang bisa disampaikan dengan metode ceramah, contohnya materi sejarah komputer, fungsi dan manfaat komputer, perkembangan komputer, ilmu-ilmu yang berkaitan dengan teknologi komputer, dan lain sebagainya. Termasuk kaitannya dengan era digital, dimana peran teknologi komputer dominan disana, jadi guru bisa menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan itu semua. Tinggal bagaimana mengemasnya, menyampaikannya, metode mengajarnya.

Itu jawaban saya, mungkin guru-guru tik lain punya pengalaman bagaimana mengajar tik hanya dengan papan tulis dan spidol? Silahkan menambahkan…

Oh iya, kalau tidak mau ribet mikirin ide mengajar TIK, mengajarnya menggunakan modul saja. Silahkan dapatkan Modul TIK/Komputer disini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: