Tips Memulai Mengajar Komputer Untuk Anak Usia SD

Tips Memulai Mengajar Komputer Untuk Anak Usia SD–Banyak komentar blog ini yang menanyakan tentang materi apa yang harus diberikan ketika pertama kali mengajar mata pelajaran Komputer untuk anak-anak, terutama anak usia Sekolah Dasar. Terutama mereka yang sebelumnya belum pernah mengajar mata pelajaran komputer, atau baru lulus kuliah, bahkan ada yang baru lulus SMA dan diminta mengajar mata pelajaran Komputer, bisa dilihat disini. Kebingungan mereka merupakan hal wajar, karena materi yang berkaitan dengan komputer tentu sangat banyak sekali. Mereka yang baru mengajar mata pelajaran komputer tanpa diberi batasan materi, berupa silabus, dari sekolahnya tentu akan kebingungan, bingung bukan lantaran tidak menguasai aplikasi komputer tertentu melainkan bingung mau mulai dari mana materi yang akan diberikan kepada anak didiknya. Dalam tulisan ini saya akan memberi tips bagaimana menyiapkan materi pelajaran komputer yang sesuai dan memudahkan dalam pelaksanaan KBM nya.

Menyiapkan Materi Ajar Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar

Materi ajar merupakan bahasan penting sebelum guru menyiapkan hal lainnya, seperti strategi mengajar, metode dan lain sebagainya. Karena tanpa materi ajar mustahil guru bisa melaksanakan KBM dengan baik.

Kemampuan guru dalam meracik materi ajar, akan berpengeruh terhadap output yang dihasilkan. Untuk menyusun materi ajar pelajaran komputer yang nota bene merupakan mata pelajaran mulok, beberapa tips dibawah ini bisa Guru lakukan:

  • Melihat silabus pembelajaran terlebih dahulu. Dari silabus inilah Guru bisa mulai menyusun seputar materi yang akan diajarkan dalam periode semester. Untuk silabus sendiri mungkin dibeberapa sekolah belum tersedia mengingat mapel Komputer bukan mapel wajib di Sekolah Dasar, karenanya yang harus membuat Silabus tersebut kembali ke Guru yang bersangkutan. Untuk menyusun silabus juga tidak terlalu sulit, Guru bisa menggunakan silabus yang diterbitkan dinas pendidikan, atau silabus yang dibuat guru komputer di sekolah lain. Paling mudahnya tinggal browsing di Internet. Jika ingin menambahkan atau mengurangi materi, tinggal merevisi Silabus tersebut.Contoh silabus dari pak Eka Sulistyana:
    1). Silabus-TIK-Kelas-6-SD-MI
    2). Silabus-TIK-Kelas-6-SD-MI
    3). Silabus-TIK-Kelas-4-SD-MI
    4). Silabus-TIK-Kelas-3-SD-MI
    5). Silabus-TIK-Kelas-2-SD-MI
    6). Silabus-TIK-Kelas-1-SD-MI
  • Menyiapkan buku/referensi materi. Dari silabus, Guru bisa melihat standar kompetensi / kompetensi dasar, materi ajar, dan indikator yang dihasilkan. Berdasarkan hal tersebut, guru bisa membaca tingkatan materi, kemudian untuk penyiapan bahan materi guru bisa mulai membeli buku yang relevan, atau pendukung bahan ajar lainnya baik dengan cara membeli atau mencarinya melalui internet.
  • Membagi waktu praktik. Tidak semua sekolah memiliki fasilias lab komputer yang sesuai dengan jumlah siswa, karenanya tidak semua siswa bisa praktik secara bersamaan. Maka mengatur waktu praktik merupakan pekerjaan guru mapel komputer yang harus segera dilakukan, kegiatan membagi kelompok ini bisa dengan meminta bantuan wali kelas. Adapun penyusunan jadwal, bisa dilakukan pada saat rapat penyusunan jadwal pelajaran.

Tiga point diatas bagi saya cukup untuk menyiapkan diri ketika akan mulai mengajar mata pelajaran Komputer untuk siswa Sekolah Dasar. Adapun persiapan lainnya seperti kelengkapan administrasi guru (RPP, prota, promes, kkm, dll) bia dikerjakan setelah tiga point diatas berhasil disiapkan.

Tips lainnya yang paling mudah dalam mengajar mata pelajaran komputer untuk siswa sekolah dasar, dengan menggunakan Modul. Karena dengan modul materi ajar, materi praktik sudah tersusun, tiap materi sudah diberikan tutorialnya, siswa tinggal mengikuti petunjuk tutorial. Dengan menggunakan modul, guru hanya menjadi pembimbing, tetapi hasilnya jelas, kemampuan siswa terukur. Sejauh ini, berdasarkan pengalaman mengajar mata pelajaran komputer di Sekolah Dasar selama 8 tahun, penggunaan Modul lebih epektif dan episien dibanding dengan menggunakan buku.

Bagi Guru yang belum memiliki Modul TIK/Komputer tingkat SD (kls 1-6) bisa memperolehnya disini (Klik)

Artikel yang berkaitan dengan Tips Memuali Mengajar Komputer Untuk Anak Usia SD ini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: