Cara Mudah Membuat Disain Majalah Dengan Powerpoint

Cara Mudah Membuat Disain Majalah Dengan Powerpoint–Untuk membuat disain majalah umumnya menggunakan aplikasi khusus, seperti Adobe Indesign, PagePlus, QuarExpress, atau yang paling sederhana menggunakan Publisher. Software-software tersebut tidak mudah digunakan, perlu belajar intensif untuk menguasai tools dan menu pada software tersebut, selain itu memerlukan spesifikasi komputer yang mumpuni. Nah untuk anda yang mengajar mata pelajaran Komputer di level Sekolah Dasar, anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office Powerpoint untuk membuat disain majalah. Materi ini bisa diberikan di level kelas 6 SD.

Materi ini tambahan materi dari berbagai materi kreatif menggunakan Powerpoint yang ada dalam Modul TIK / Komputer kelas VI SD. Bagi yang belum memiliki modul pembelajaran TIK kelas 6 SD tersebut silahkan mendapatkannya disni.

Persiapan latihan membuat disain Majalah menggunakan Powerpoint

Untuk persiapan materi membuat disain layout mgazine menggunakan Powerpoint ini, beberapa hal yang perlu dilakukan Guru adalah;

  1. Menyiapkan tema. Tema yang dipilih pada latihan kali ini adalah outbond dengan sub tema berani dan kuat. Tema ini dipilih untuk memotivasi siswa agar memiliki keberanian dalam melakukan kegiatan belajar, berani mencoba, berani maju kedepan jika disuruh bapak / ibu guru, berani mengakui kesalahan, dan berani berani lainnya. Untuk memiliki keberanian, tentu siswa harus mempunyai kekuatan baik secara fisik maupun intelegnnya. Semua itu di ilustrasikan dalam gambar-gambar kegiatan outbond.
  2. Menyiapkan gambar pendukung. Untuk gambar pendukung, Guru mata pelajaran komputer bisa mencarinya di internet, tentu gambar-gambar yang dicari harus sesuai atau minimal mendekati tema disain. Dalam latihan kali ini, gambar pendukung yang digunakan bisa diunduh disini
  3. Menyiapkan teks yang akan digunakan pada rancangan disain. Teks harus disiapkan ini tak lain untuk mempermudah proses latihan, adapun untuk latihan berikutnya biarkan siswa berkreasi sesuai dengan kreatifitasnya masing-masing.
  4. Contoh disain yang sudah jadi. Contoh disain bisa diunduh disini; layout magazine with powerpoint tenjocity.wordpress.com

Langkah-langkah membuat disain majalah di Powerpoint

Berikut step by step bagaimana membuat disain majalah dengan menggunakan aplikasi perkantoran Microsoft Powerpoint

(1). Mengatur ukuran slide

Untuk mengatur ukuran slide, pada powerpoint 2007, bisa melakukannya pada menu Design – Page setup – masukan angka seprti dibawah ini

disain majalah dengan powerpoint

(2). Pada Layout pilih Blank. Kemudian pilih Shapes – pilih Rectangle – letakan shapes menutupi Slide – beri warna shapes menjadi merah.

cara membuat disain majalah dengan powerpoint

(3). Letakan gambar untuk cover, sesuaikan ukuran seperti dibawah ini

disain cover majalah dengan powerpoint

(4). Berikutnya masukan teks, sesuaikan jenis font dan ukuran font seperti tampilan dibawah ini.

membuat disain majalah dengan powerpoint

(5). Tampilan akhir seperti dibawah ini. Anda bisa memodifikasi warna dan teks sesuai tema masing-masing.

contoh hasil disain majalah menggunakan powerpoint

Gimana hasilnya bagus kan?

Lihat hasil dalam bentuk PDFunduh disini
Lihat hasil dalam bentuk slide powerpointunduh disini

Nah siswa pasti senang jika berhasil membuat tampilan disain cover majalah seperti diatas. Berikutnya mereka anda arahkan untuk berkreasi sendiri dengan photo-photo mereka, atau gambar yang menurut mereka menarik.

>> Dapatkan panduan praktik berupa Modul TIK/Komputer Powerpoint untuk Kelas 6 SD disini

Sekian dulu untuk tutorial bahan ajar kali ini, untuk tutorial bahan ajar berikutnya kita akan belajar membuat layout isi majalah menggunakan powerpoint.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: