Contoh Penyiapan Materi Mengajar Excel Untuk SD Kelas 5 Fun and Learning

Contoh Penyiapan Materi Mengajar Excel Untuk SD Kelas 5 ini bisa temen-temen yang mengajar mata pelajaran mulok Komputer / TIK di tingkat Sekolah Dasar, sesuai modul yang saya buat, materi Excel dipelajari di kelas 5 SD. Contoh penyiapan materi mengajar Excel kali ini adalah, membuat grafik sederhana menggunakan Excel. Materi membuat grafik ini sebenarnya sudah pernah disampaikan dalam posting sebelumnya. Dan kali ini yang akan dibahas adalah, penyiapan materi mengajarnya, bukan pada pembahasan materi ajar membuat grafik di microsoft excel-nya. Karenanya topik ini akan bermanfaat sekali bagi Guru mulok mapel Komputer di tingkat SD yang senang mengajar dengan banyak kreativitas dengan visi mengajar fun and learn.

Apa saja yang akan disiapkan?

Sebelum mengajar biasanya saya menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam praktik nanti, entah itu gambar-gambar, data yang akan digunakan sebagai sample, audio atau video yang akan digunakan sebagai media yang akan diolah, atau lain sebagainya. Tentu bahan-bahan yang akan disiapkan tersebut haruslah sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Untuk itu sebelum menyiapkan bahan dan properti mengajar lainnya, kita melihat terlebih dahulu materi ajar terlebih dahulu.

Dan kali ini materi ajarnya adalah membuat simple bar chart di microsoft excel berdasarkan data yang dimiliki anak-anak (siswa).

Bahan praktik mengajar microsoft excel

Yang akan kita siapkan sebelum mengajar materi membuat simple bar chart di Microsoft Excel untuk siswa kelas 5 SD kali ini adalah;

  1. Siapkan dulu Rencana Praktikum, atau bisa juga disebut RPP. Contoh RPP kali ini bisa dilihat disini; rpp-komputer-kelas-5-sd-mulyaditenjo
  2. Listing data yang nantinya akan dijadikan isi field oleh siswa. Listing data ini bentuknya hardcopy, yang nantinya akan dibagikan kepada siswa, bisa satu siswa satu listing data, atau satu listing data bisa digunakan untuk dua / tiga siswa sesuai ratio ketersediaan komputer di lab. komputer. Untuk contoh saya sudah buatkan contoh listing data yang nantinya bisa langsung di print dan dibagikan ke siswa.
    lis-image-praktik-excel
    Silahkan unduh filenya disini; listing-data-untuk-bahan-praktik-excel-sd-mulyaditenjo
  3. Siapkan skema langkah-langkah praktik, untuk mempermudah pekerjaan ini sebaiknya sudah disiapkan jauh-jauh hari. Skema yang dimaksud adalah langkah-langkah mempraktikan materi ajar, agar pas praktik guru tidak lagi kebingungan mau memulai dari mana penggunaan menu-menu dalam aplikasi excel. Misalnya untuk contoh kali ini, yaitu petunjuk cara membuat grafik di Microsoft Excel. Silahkan petunjuk praktiknya diunduh disini; petunjuk cara membuat grafik di microsoft excel
  4. Form penilaian hasil praktik. Jangan lupakan penilaian, sebab dari nilai-nilai inilah Guru dapat mengukur ketuntasan mengajar. Contoh file format penilaian praktik kali ini bisa dilihat disini; form-penilaian-hasil-praktik-excel-kls-5-sd

Contoh hasil praktikum materi Microsoft Excel kali ini

Setelah semua bahan mengajar tersedia, silakan file-filenya diunduh, berikutnya contoh tampilan hasil praktikum yang harus mampu dipraktikan siswa, atau minimal mendekati.

contoh-table-microsoft-excel-kelas-5-sd
Contoh cara membuat Table border di Microsoft Excel – Materi kelas 5 SD

contoh-grafik-praktik-kelas-5-sd-mulyaditenjo

contoh-grafik-2-praktik-kelas-5-sd-mulyaditenjo

contoh-grafik-3-praktik-kelas-5-sd-mulyaditenjo

contoh-grafik-4-praktik-kelas-5-sd-mulyaditenjo

Untuk contoh tampilan dalam format Excel silahkan diunduh disini; file-hasil-praktik-membuat-grafik-di-microsoft-excel-kelas-5-sd

Mengetahui kemampuan siswa dalam membaca Grafik

Sesuai dengan RPP dan rencana penilaian yang formatnya sudah ada diatas, silahkan diunduh jika belum mengunduhnya, untuk mengetahui seberapa paham siswa dalam membaca grafik, maka diperlukan soal-soal untuk menguji kemampuan mereka. Soal-soal ini nantinya tidak dalam bentuk tertulis melainkan verbal saja menanyakan langsung kepada siswa.

Tapi jika ngin memberikan soal – soal ini dalam bentuk tulisan juga tidak masalah.

Berikut beberapa soal yang bisa kita jadikan alat ukur seberapa paham siswa dalam memahami grafik;

  1. Ada berapa nama buah yang ditampilkan dalam grafik?
  2. Apa nama buah yang jumlahnya paling tinggi / banyak?
  3. Apa nama buah yang jumlahnya paling sedikit?
  4. Ada berapa nama buah yang grafiknya sama?
  5. Nama buah apa saja yang grafiknya diantara 0 – 15?

Nah 5 pertanyaan diatas sudah cukup untuk mengukur pemahaman siswa dalam membaca grafik. Jika ingin menambahkan dengan pertanyaan lain yang lebih mengukur tingkat pemahaman siswa, silahkan menambahkannya sendiri.

Demikian artikel kali ini tentang Contoh Penyiapan Materi Mengajar Excel Untuk SD Kelas 5 Fun and Learning, semoga saja bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kekeliruan penyampaian materi tulisan dan lain sebagainya.

 

>>>>>>Untuk Modul Komputer Kelas 5 SD materi Microsoft Excel bisa diperoleh disini<<<<<<

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: