Membuat Animasi Petunjuk Rute Pada Peta Menggunakan Powerpoint (Materi TIK Kelas 6 SD)

Menyambung topik membuat animasi-animasi sederhana menggunakan aplikasi presentation Powerpoint untuk persiapan mengajar mata pelajaran mulok kompuater di tingkat Sekolah Dasar, kali ini materi yang bisa dirancang dan disiapkan adalah materi membuat animasi petunjuk rute pada peta. Ide awalnya adalah dari materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 3 SD tentang Denah dan Peta. Dari materi pelajaran di kelas 3 SD tersebut coba kita kolaborasikan dengan pemanfaatan TIK menggunakan aplikasi Powerpoint menjadi sebuah tampilan animasi yang menarik.

Materi yang akan kita berikan ini terdiri dari;

  1. Menampilkan denah / lokasi dengan tampilan Zoom in, jadi jika di klik lokasi tertentu yang akan dibahas dalam presentasi maka lokasi tersebut akan membesar / zoom in.
  2. Jika sudah muncul lokasi yang sebelumnya di klik Zoom In tersebut, berikutnya akan muncul animasi petunjuk arah menuju lokasi menggunakan beberapa karakter animasi sederhana
  3. Menghitung jarak tempuh dari lokasi awal ke lokasi tujuan pada Denah

Nah tiga materi tersebut yang akan dipraktikan kali ini. Manfaatnya apa buat siswa?

Ada beberapa manfaat dari pembelajaran ini, yaitu:

  1. Siswa mampu memvisualisasikan denah / peta menggunakan aplikasi Powerpoint
  2. Kolaborasi pembelajaran mata pelajaran lain dengan mulok TIk Kom
  3. Memunculkan kreatifitas siswa dalam hal pembelajaran

Persiapan untuk mempraktikan materi ini adalah;

  1. Gambar denah / peta, untuk yang ini bisa mengambilnya dari internet, atau bisa juga membuatnya sendiri menggunakan tool Shapes di powerpoint
  2. Karakter animasi pendukung, untuk kali ini mengambil karakter orang berjalan dari internet
  3. Jenis effect animasi yang akan digunakan, untuk kali ini yang digunakan effect zoom in, zoom out, diagonal down right, diagonal up right, curve-line, dan effec lainnya.
  4. Jangan lupa alur cerita.

Sebelumnya silahkan membaca beberapa artikel pendukung pembelajaran kali ini, diantaranya:

>> Suplemen Materi Untuk Guru Yang Mau Mengajar Animasi
>> Convert File Exe Powerpoint Menjadi File Animasi Format GIF
>> Membuat Animasi Motion Path dan Stop Motion di Powerpoint

Langkah Membuat Animasi Powerpoint Petunjuk Arah /Peta;

  1. Siapkan folder yang berisi gambar peta, karakter animasi, dan bahan praktik lainnya, beri nama folder tersebut misalnya “file latihan” dan jangan lupa untuk meletakannya di drive yang mudah ditemukan oleh siswa. Misalnya di My Document. Dan jangan lupa pula untuk menginsruksikan kepada siswa tentang letak folder tersebut.
  2. Buka aplikasi powerpoint, dan pilih Slide dengan layout Blank
  3. Pilih menu Insert Image – pilih Folder tempat bahan praktik – pilih Denah
    membuat-animasi-peta-di-powerpoint1
  4. Duplikat gambar denah, dengan cara Copy-Paste, atau klik gambar CTRL + D. Setalah gambar menjadi dua, berikutnya kita cropping gambar hasil copyan tadi untuk mengambil hanya gambar masjidnya saja. Cara cropping, klik gambar denah, klik Format, klik icon Crop diujung sebelah kanan atas (lihat gambar yang dilingkari merah)
    membuat-animasi-peta-di-powerpoint2
  5. Klik kanan gambar Masjid hasil Cropping, kemudian pada Line Color beri warna merah, pada Line Style – Width masukan angka 3, kemudian tekan Close.
    membuat-animasi-peta-di-powerpoint3
  6. Klik gambar Masjid hasil Cropping, kemudian klik menu Animations, pila Custom Animations, dan apada Add Effect pilih Motion Path – Diagonal Up Right. Kemudian ubah arah dari ke kanan atas menjadi ke kiri atas. Duplikat kembali gambar masjid hasil Cropping, kemudian ubah ukurannya menjadi lebih besar dan letakan ditengah-tengah Denah. Kemudian beri Effect Entrance- Zoom.
    membuat-animasi-peta-di-powerpoint4
  7. Klik kembali hasil duplikat gambar masjid yang ukurannya diperbesar, pilih Add Effect, pilih Exit-Zoom, kemudian pilih Motion Path-Diagonal Down Right, kemudian ubah arah Motion Path diagonal ke kanan bawah. (ini untuk menampilkan gambar masjid setelah Zomm out-Zoom in kemudian kembali ke bawah ke arah gambar Masjid sebelum di Cropping)
  8. Berikutnya kita buat animasi petunjuk Jarak tempuh, untuk yang ini cukup tampilkan shape Line kemudian ubah Dashed Style nya menjadi patah-patah. Kemudian untuk effect Animasinya pilih Entrance-Strips, ubah Directionnya menjadi Right Down agar efek berjalan ke arah kanan, timmingnya pilih Slow. Setelah itu pilih Teks untuk membuat teks Jarak, untuk animasinya pilih Entrance-Fly In.
    membuat-animasi-peta-di-powerpoint6
  9. Berikutnya kita masukan karakter orang berjalan, letakan diujung kiri denah, kemudian beri effect animasi Curve Line mengikut denah jalan. Buat beberapa slide yang berisi karakter orang berjalan dengan posisi yang berbeda.
    membuat-animasi-peta-di-powerpoint5
  10. Kalau sudah selesai, tinggal di test running saja, tekan F5. Kalau alur cerita animasi sudah sesuai yang diinginkan berarti proses pembuatan slide sudah selesai. Jika belum sesuai tinggal diatur kembali alurnya, dan di edit kembali layout dan animasi pada slidenya untuk disesuaikan dengan alur cerita yang diinginkan.

Untuk file powerpoint latihan kali ini bisa di unduh disini: contoh-animasi-peta-di powerpoint

Membuat Movie Powerpoint menggunakan Movie Maker

Banyak cara untuk menjadikan slide presentasi menjadi Movie, salah satunya dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti software converter, dan software pengedit Video.

Untuk aplikasi Powerpoint 2013 sudah tersedia tools / menu untuk convert file powerpoint kedalam format Video.

Dan karena yang saya gunakan pada latihan penyiapan materi kali ini yang digunakan adalah powerpoint versi 2007, maka untuk mengubah type file dari pptx ke AVI atau MP4 maka diperlukan software converter, untuk pekerjaan ini kita bisa menggunakan banyak aplikasi, salah satunya Movavi.

Atau bisa melihat jenis-jenis software converter powerpoint ke file video lainnya disitus ini;http://www.ispringsolutions.com/blog/top-10-powerpoint-to-video-converters/

Tips lain: Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Paint dan Movie Maker Untuk SD Kelas 3

Jika sudah di convert ke format Video, berikutnya tinggal menggunakan aplikasi pengedit Video Movie Maker untuk melakukan editing berikutnya, misalnya menambahkan instrument Video dan lainnya.

Oke, untuk contoh latihan praktik cara convert file Powerrpoint ke format Video baik menggunakan aplikasi converter maupun manual dari tool dan menu aplikasi Powerpoint sendiri akan ditampilkan berikutnya.

NB:
Buat temen-temen yang belum memiliki Modul untuk mempermudah dalam mengajar TIK/Komputer di SD, silahkan mendapatkan Modul Komputer kelas 1-6 yang saya buat disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: