Membuat Animasi Kupu-kupu Terbang Menggunakan Powerpoint

Membuat Animasi Kupu-kupu Terbang Menggunakan Powerpoint ini merupakan salah satu materi pelajaran tik / mulok komputer di Sekolah Dasar, jika temen-temen adalah guru yang mengajar mulok komputer dan menggunakan Modul TIK/Komputer SD yang saya buat, materi powerpoint diajarkan di kelas 6 SD, dan materi animasi membuat kupu-kupu ini bisa menjadi tambahan materi untuk melengkapi materi animasi lainnya yang sudah ada dalam modul tersebut. Yang akan dipelajari siswa pada materi ini adalah, bagaimana membuat karakter kupu-kupu menggunakan menu Shapes, mewarnainya, membuat word (latar), submit musik pendukung, dan tentu menggerakan karakter kupu-kupu tersebut menggunakan menu animations.

Oke kita mulai saja bagaimana materi ini akan kita berikan kepada siswa pada saat praktik di lab komputer. Dan tahapan-tahapan yang harus dikerjakan bisa dilihat dibawah ini. Tapi sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu Suplemen Materi Untuk Guru Yang Mau Mengajar Animasi

Membuat karakter Kupu-kupu menggunakan menu Shapes di Powerpoint

Yang pertama adalah membuat karakter kupu-kupunya terlebih dahulu. Untuk membuat karakter kupu-kupu dalam bentuk sedrhana ini tools powerpoint yang akan digunakan adalah Shapes (Ouval dan Arc), masing-masing Shapes tersebut untuk membuat badan, kepala, mata dan antena / tanduk karakter kupu-kupu.

membuat animasi kupu kupu dengan powerpoint

Yang kedua, kita mulai mewarnai. Bagian pertama yang diwarnai pada latihan ini adalah bagian sayap dan mata. Menu yang digunakan adalah menu Shape Fill. Langkahnya, klik area shapes yang mau diwarnai, kemudian pilih Format, kemudian pilih Shape Fill dan pilih warna yang disukai. Pada latihan ini warna yang dipilih adalah kuning (untuk sayap) dan merah (untuk mata).

membuat animasi kupu kupu menggunakan powerpoint

Yang ketiga, untuk mewarnai kepala dan badan karaker kupu-kupu, masih dengan cara yang sama, tapi style fill yang digunakan adalah Gradient pada variations Liniera Left. Warna yang ditampilkan adalah warna gradasi hijau seperti tampilan dibawah ini.

membuat animasi kupu kupu menggunakan powerpoint

Yang keempat, adalah menggabungkan seluruh Shapes karakter kupu-kupu dengan cara klik area Shapes atau cukup tekan CTRl + A pada keyboard untuk menyeleksi seluruh area Shapes, pilih Group.

membuat animasi kupu kupu menggunakan powerpoint

Yang kelima, setelah semua shapes sudah di Group, kita kecilkan ukuran bentuk karaker kupu-kupu tersebut. Caranya cukup mudah tinggal klik gambar kupu-kupu, kemudian letakan kursor pada ujung kiri (lihat tanda panah merah) kemudian tarik secara diagonal kebawah.

membuat animasi kupu kupu menggunakan powerpoint

Yang keenam, membuat gerakan animasinya. Caranya tinggal klik gambar kupu-kupu kemudian pilih menu Animations, kemudian pilih Custom Animation, pilih Add Effect, pilih Motion Path, pilih Draw Custom Path, dan pilih Curve. Buat gerakan jigjag diagonal kearah atas kiri seperti pada gambar dibawah ini.

membuat animasi kupu kupu menggunakan powerpoint

Kalau sudah selesai silahkan menjalankannya dengan tekan tombol Play, atau F5 pada keyboard untuk slide show.

Mudah bukan? Ya sangat mudah. Jika sudah mampu membuat karakter animasi kupu-kupu ini silahkan berkreasi membuat konsep cerita agar tampilan animasi menjadi lebih menarik dan disenangi siswa.

Membuat konsep cerita animasi di Powerpoint
Konsep cerita itu penting, agar tampilan animasi menjadi menarik. Karena yang diajar adalah siswa SD maka koncep cerita yang sesuai dengan usia mereka akan lebih “mengena”. Lalu bagaimana membuat konsep cerita animasi tersebut?

Mulai dari sinopsis saja, kemudian buat oret-oretan kalau pada mata pelajaran animasi dasar di SMK biasa disebut sketsa. Karena yang belajar adalah siswa SD maka, cukup oret-oretan saja, dan yang membuat oret-oretan ini jangan siswa (kalau bisa siswa sebenarnya lebih bagus), untuk latihan pertama yang membuat oret-oretan Guru saja.

Materi mmebuat sinopsi dan storyboard, bisa dilihat pada topik ini; Skenario pembuatan media pembelajaran dengan Powerpoint

Contoh sinopsis dan sketsa

“Adalah dua ekor kupu-kupu yang balapan untuk bisa sampai duluan hinggap dikelopak bunga, untuk bisa sampai duluan kedua kupu-kupu tersebut harus melewati pohon-pohon.”

Kira-kira seperti itulah sinopsis dari rangkaian cerita animasi yang akan dibuat.

Untuk membangun suasana maka dibutuhkan latar. Untuk latar kali ini kita gunakan latar langit, gambar langit bisa diperoleh dengan mudah di google image, atau lihat disini. Dan jangan lupa buat pohon menggunakan shapes, rectangle dan cloud. Untuk pewarnaan daun dan batang pohon menggunakan gradien fill.

membuat animasi kupu kupu menggunakan powerpoint

Untuk contoh file powerpoint nya bisa di unduh disini; animasi-kupu-kupu-di-powerpoint-sample1

Untuk durasi yang lebih lama, silahkan dikembangkan kembali oleh temen-temen Guru komputer SD semuanya.

Contoh materi ajar animasi di powerpoint lainnya, silahkan baca-baca pada topik-topik ini:

Atau bisa melihat topik-topik animasi untk materi mengajar TIK/Komputer SD lainnya pada tag animasi powerpoint ini.

NB:
Bagi temen-temen yang mengajar mata pelajaran TIK / mulok Komputer di SD dan kebetulan mengalami kendala dalam hal penyiapan materi ajarnya, jangan khawatir, temen-temen bisa menggunakan Modul TIK SD kelas 1-6 yang saya buat. Silahkan dapatkan modul tersebut disni; Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 SD

One Comment to “Membuat Animasi Kupu-kupu Terbang Menggunakan Powerpoint”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: