Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Paint dan Movie Maker Untuk SD Kelas 3

Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Paint dan Movie Maker Untuk SD Kelas 3-Pada modul komputer yang saya buat untuk kelas 3 SD, disitu sudah sangat jelas tep by step proses pembuatan berbagai bentuk / objek menggunakan Paint yang dibagi kedalam beberapa sub materi praktik. Melengkapi modul tersebut, setelah siswa sudah tidak kaku lagi menggerakan mouse manakala membuat berbagai bentuk objek tersebut, berikutnya siswa diajak untuk lebih kreatif lagi dalam memunculkan ide dan eksplor imajinasinya kita ajak untuk membuat animasi-animasi sederhana. Masih dengan aplikasi Paint tentunya, dan ditambah satu aplikasi editing video sederhana besutan Windows, yaitu Movie Maker.

Sebelum membuat objek-objek yang nantinya akan menjadi kumpulan objek yang jika disusun secara runtun dalam timeline akan menjadi bentuk gerakan menarik. Timeline tersebut tentu ada pada aplikasi Movie Maker.

Bagi yang belum memiliki materi mengajar sepuatar Paint silahkan melihatnya pada topik-topik pembelajaran Paint, atau langsung saja melihatnya sesuai search blog ini, bisa dilihat disini.

Terkait dengan ide-ide membuat karakter atau objek yang akan dianimasikan, silahkan melihatnya pada arsip posting seputar tag animasi. Coba menggunakan search box blog ini, atau langsung melihatnya disini.

Sedangkan untuk memberi gambaran awal tentang animasi, sebaiknya pahami dahulu prinsip-prinsip animasi. Sekalipun yang kita ajar adalah siswa SD, memahami prinsip animasi akan membantu Guru dalam menyiapkan bahan praktik. Maksudnya, jenis animasi apa yang akan diberikan kepada siswa? Jika belum tahu prinsip-prinsip animasi tersebut, silahkan melihat file: 12-prinsip-animasi

Membuat objek / karakter untuk animasi di Paint

Pada latihan kali ini kita akan membuat prototype model animasi yang dibuat menggunakan aplikasi Paint. Ingat, hanya prototype, setelah berhasil maka berikutnya mulai dengan pembuatan karakter yang lebih serius tetapi tanpa melupakan tingkat kemampuan siswa jika nantinya mereka juga harus membuat karakter tersebut pada saat praktik.

Artinya, buat jenis karakter yang menarik tetapi mudah pula untuk dibuat oleh siswa.

Salah satu contoh karakter menarik tapi mudah untuk ditiru ulang oleh siswa adalah karakter animasi ikan dibawah ini.

cara membuat animasi di paint untuk sd

Step by step membuat karkater ikan diatas, bisa dilihat di Wikihow ini.
Atau bisa melihat contoh karakter lain disini.

Jika karakter sudah berhasil dibuat, berikutnya duplikat karakter tersebut dan tempatkan dalam posisi yang berbeda. Dan pada tahap berikutnya adalah tinggal memasukan kumpulan gambar karakter dengan berbagai posisi tersebut kedalam aplikasi Moviemaker untuk diedit menjadi sebuah Movie.

Salah satu contoh animasi yang dibuat dengan Paint kemudian diedit menjadi sebuah movie di aplikasi Moviemaker, seperti dibawah ini;

Atau mau melihat movie lainnya, salah satu projek animasi yang dibuat dengan paint dan dimoviekan menggunakan Moviemaker bisa dilihat disini.

Mudah bukan?

Diperlukan persiapan matang untuk memberikan materi ini kepada siswa. Terlebih yang akan diberi materi ini adalah siswa kelas 3 SD, persiapan harus benar-benar matang. Jika tidak, maka bisa dipastikan materi ini akan gagal.

Lihat Contoh Materi Mengajar Aplikasi Disain Buat Siswa Kelas 1 dan 2 SD Menggunakan Paint
Apabila menemukan kesulitan dalam penyiapan materi ini, bisa konsultasi dengan penulis via sms/wa, silahkan lihat kontak saya.

Dan bagi Guru TIK/mulok Komputer SD yang baru pertama kali mengajar mata pelajaran komputer, atau sudah lama tapi belum memiliki modul praktikum mulok Komputer untuk kelas 1-6 SD, silahkan mendapatkan modul tersebut disini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: