Materi Belajar Membuat Tutorial Bacaan Sholat Menggunakan Powerpoint

Materi Belajar Membuat Tutorial Bacaan Sholat Menggunakan Powerpoint– Panduan mengajar berikut digunakan untuk menyiapkan satu materi mengajar mata pelajaran TIK, atau mulok Komputer di Sekolah Dasar. Materi ini merupakan sub bahasan materi menggunakan aplikasi Powerpoint di kelas 6 SD. Membuat tutorial, ya membuat tutorial. Dengan aplikasi powerpoint siswa siswi kelas 6 SD dibimbing mampu membuat satu tutorial yang bermanfaat, yaitu tutorial bacaan sholat. Nantinya setelah tutorial selesai dibuat, selanjutnya akan dikonversi menggunakan software pendukung lainnya menjadi sebuah aplikasi sederhana yang bisa dilihat dan digunakan pada perangkat berbasis Android.

Sebelum masuk ke petujuk praktik, beberapa hal yang harus disiapkan;

(1). Bahan praktik terdiri gambar (ini bisa dibuat sendiri siswa menggunakan kertas lalu di scand, atau langsung di aplikasi tertentu misalnya Paint) atau Video (ini bisa hasil rekaman siswa). Gambar/video ini merupakan gambar yang berisi gerakan sholat. Kegiatan menyiapkan gambar / video ini bisa juga berbarengan dengan materi penggunaan internet. Guru membimbing siswa search image di search engine Google misalnya, memilihkan kata kunci dan hasil pencarian image yang tepat.

materi pelajaran komputer sd

(2). Audio (ini bisa dubbing suara siswa yang sudah direkam) dan keperluan lainnya sesuai layout yang ditetapkan guru masing-masing. Audio in berisi suara bacaan sholat. Kegiatan menyiapkan audio bacaan sholat ini juga bisa bekerjasama dengan guru mata pelajaran PAI dalah hal bacaan sholatnya.

(2). Template powerpoint (yang ini juga bisa dibuat oleh siswa secara mandiri), bisa juga dengan mencarinya di internet. Di Blog ini juga pernah dibagikan salah satu template siap pakai, lihat disini templatenya.

Atau jika ingin mengajarkan cara membuat template ke siswa, bisa membaca panduan belajar cara membuat template Powerpoint disini.

Kalau sudah siap semua bahan-bahan diatas, berikutnya berikan sedikit pemahaman kepada siswa tentang layout / skema slide presentasi yang akan dibuat. Kalau ditingkat SMA SMK terlebih dahulu dengan memperkenalkan storyboard. Karena yang akan praktik adalah siswa siswi Sekolah Dasar, maka yang diperkenalkan cukup layout nya saja.

Pemahaman terhadap layout ini penting, untuk mengasah kemampuan berpikir siswa secara manakala melihat konsep secara visual.

Jika sudah dikenalkan seperti apa layout disain tampilan slide by slide, berikutnya langsung mempraktikan bersama-sama pembuatan slide tutorial gerakan sholat tersebut. Guru membimbing proses pengerjaan baik menampilkannya secara visual menggunakan proyektor, siswa mengikuti step by step proses pengerjaan yang diperagakan oleh gurunya.

Lihat: Skenario pembuatan media pembelajaran dengan Powerpoint

Berapa jam pelajaran untuk mampu menyelesaikan materi ini?

Jika skenarioa pembelajaran sudah disiapkan dengan matang, termasuk perangkat pendukung pembelajaran sudah siap semua, proses pengerjaan cukup dikerjakan dalam waktu 2 jam pelajaran (2×35 menit). Dengan syarat, siswa sudah terlebih dahulu paham pengoperasian aplikasi Powerpoint yang akan digunakan pada pembelajaran kali ini.

Jadi sebelum ke materi ini, materi-materi dasar Powerpoint harus sudah dikuasai siswa terlebih dahulu. Seperti penggunaan tool Shapes, ini nanti akan digunakan untuk pembuatan command. Penggunaan menu Slide master, ini nanti akan digunakan untuk pembuatan menu utama. Penggunaan menu Hyperlink / Action, ini nanti akan digunakan untuk membuat link dari command (tombol menu) ke slide yang dituju sesuai title command. Ditambah lagi dengan penguasaan siswa pada penggunaan internet, seperti pengetahuan menyimpan gambar dari internet ke drive yang dipilih.

Siapkan juga: Software Pendukung Untuk Membuat Media Pembelajaran Dengan PowerPoint

Jika kemampuan-kemampuan dasar diatas belum semuanya terpenuhi, maka buatlah materi ini menjadi proyek yang dikerjakan dalam durasi waktu tertentu. Dan dikerjakan pada jam tambahan diluar sekolah, dengan bimbingan guru juga tentunya.

Demikian kira-kira, tulisan kali ini sebagai referensi awal menyiapkan sebuah materi pembelajaran komputer bagi siswa siswi di Sekolah Dasar, jika ada hal-hal lain yang perlu ditanyakan, silahkan hubungi penulis via WhastUp -081319513609.

NB: Gunakan modul untuk mempermudah pembelajaran Komputer baik bagi Guru maupun siswa.
Lihat Modul TIK/Komputer Kelas 6 SD: Menggunakan aplikasi Powerpoint dan Pengenalan Internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: