Disain Meja Lab Komputer SD

Disain meja lab komputer SD yang baik itu seperti apa? Jawabannya kembali pada pandangan masing-masing pengelola lab. Tapi ada beberapa hal yang sepertinya sama dalam memandang mutu disain meja lab komputer, terutama disain meja lab komputer yang akan digunakan untuk belajar siswa sekolah dasar (SD). Yaitu kekuatan bahan, dan keamanan. Setelah dua hal tersebut, baru pada pandangan seberapa bagus disainnya. Cuma dibeberapa sekolah dasar yang ada mata pelajaran mulok komputer, disain meja lab komputer kurang diperhatikan, itu lantaran antara pengelola lab dan yang mengajar mata pelajaran mulok komputer adalah orang yang sama, alias rangkap kerja. Hal ini lumrah terjadi, tapi dampaknya fokus terhadap pengelolaan lab komputer kurang diperhatikan. Biasanya asal ada saja, ada ruang, ada komputer yang bisa digunakan maka itu sudah disebut lab komputer.

Padahal ada standarisasi yang harus diperhatikan dalam membangun dan mengelola lab komputer tersebut. Standarisasi ini bisa dibaca Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar.

Tiga hal penting dari rancangan disain Meja Komputer yang akan digunakan di lab komputer untuk siswa Sekolah Dasar,

rancangan disain meja lab komputer sd
Gambar diatas yang menggambarkan daerah kerja horizontal yang menjadi dasar untuk rancangan meja, referensi gambar saya peroleh dari blog ini.

  • Kekuatan bahan, ini penting diperhatikan. Dasar bahan yang digunakan untu membuat meja komputer itu apakah dari kayu atau fiber. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi yang paling penting adalah bahan yang digunakan untuk membuat meja komputer tersebut bisa diprediksi ketahanannya dalam jangka waktu lama, tidak mudah rapuh, dan mampu menyangga beban monitor dan perangka diatasnya dalam jangka waktu lama.
  • Keamanan, maksudnya meja yang akan digunakan oleh siswa pada saat praktik tidak berbahaya, misalnya tidak ada sudut lancip yang berbahaya, rapuh yang apabila tersenggol siswa langsung ambruk. Atau ada paku-paku dan material tajam lainnya yang dapat berbahaya terhadap fisik siswa.
  • Disain yang sesuai. Disain juga sangat perlu diperhatikan, apakah meja tersebut sudah sesuai dengan fisik anak SD, jangan sampai meja yang digunakan adalah meja untuk orang dewasa, karena tinggi anak-anak dan orang dewasa akan berbeda. Warna meja juga harusnya diperhatikan yang sesuai dengan warna anak-anak. Termasuk bentuknya, meja bentuk persegi merupakan bentuk konvensional maka buatlah bentuk lain yang membuat siswa senang, tetapi tetap memperhatikan seberapa aman apabila meja dibuat dengan disain tertentu.

Optimasi lab komputer bisa dilihat disini

Untuk inspirasi disain meja komputer yang akan digunakan di lab komputer SD, silahkan search disitus ini: https://www.smartdesks.com/ , pilih kategori yang sesuai dengan usia anak, anak atau kelas komputer untuk anak SD disana.

Berikut  contoh disain meja lab komputer untuk anak SD

disain meja komputer lab

Tulisan terkait dengan disain Meja Lab Komputer ini; Cara membuat suasana lab komputer yang menyenangkan bagi siswa SD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: