Penguasaan Aplikasi Basic Yang Harus Dijadikan Target Dalam Kurikulum Pelajaran Komputer SD

Dalam pembuatan struktur kurikulum mata pelajaran Mulok Komputer di Sekolah Dasar, ada beberapa point penting yang harus dijadikan target keberhasilan pembelajaran. Salah satu target tersebut adalah penguasaan siswa terhadap aplikasi-aplikasi basic yang sering digunakan di Masyarakat. Aplikasi-aplikasi basic itu adalah paket aplikasi perkantoran, wordprocessor, spreadsheet dan presentation.

Mengapa tiga aplikasi tersebut yang harus dijadikan target keberhasilan pembelajaran?

Karena aplikasi-aplikasi tersebut merupakan kemampuan dasar, dan merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi wordprocessor, digunakan untuk menulis naskah, surat menyurat, dan pengolah kata lainnya. Kemampuan ini sangat penting dimiliki manusia modern saat ini, karenanya penguasaan aplikasi ini menjadi target penting dalam penyusunan kurikulum mata pelajaran mulok komputer di tingkat SD.

Aplikasi spreadsheet, merupakan aplikasi paling sering digunakan kedua setelah wordprocessor yang fungsinya untuk mempermudah dalam pengolahan data berupa angka-angka. Terutama dalam otomasi perhitungan menggunakan rumus-rumus. Pembelajaran aplikasi spreadsheet juga dapat mengasah kemampuan matematika siswa, dan dapat merangsang siswa untuk berpikir logic.

Aplikasi presentation, merupakan tiga serangkai aplikasi perkantoran yang juga paling banyak digunakan di masyarakat sesuai kebutuhan kerja masing-masing. Fungsi paling utama digunakan untuk mempresentasikan data, atau presentasi lainnya. Selain untuk membuat presentasi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat animasi-animasi sederhana tapi menarik lainnya, dan juga bisa support dengan perkembangan teknologi android saat ini, jika guru kreatif maka bisa menciptakan games-games sederhana atau aplikasi berbasis android lainnya dengan bantuan aplikasi presentations ini.

Itu beberapa alasan mengapa paket aplikasi perkantoran wordprocessor, spreadsheet dan presentation seharusnya dijadikan target utama dalam penyusunan struktur kurikulum mata pelajaran mulok komputer di tingkat sekolah dasar.

Alasan berikutnya, jika di tingkat SD target-target tersebut sudah terlaksana, maka berikutnya ditingkat SMP tinggal melanjutkan dengan struktur kurikulum yang lebih tinggi, dan begitu seterusnya di tingkat SMA SMK. Ini agar kurikulum mata pelajaran mulok komputer benar-benar runtut, jangan sampai di tingkat SMP SMA materi pelajaran komputernya lebih tinggi tapi kemampuan dasar siswa pada aplikasi-aplikasi perkantoran tadi masih rendah, tentu ini akan menyulitkan guru di level SMP SMA SMK tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: