Bagaimana Membuat Suasana Lab Komputer Yang Menyenangkan Bagi Siswa SD

Ada pertanyaan sepert ini; Bagaimana Membuat Suasana Lab Komputer Yang Menyenangkan Bagi Siswa? Jawaban yang umumnya disampaikan oleh guru tik/komputer. Pertanyaan seperti ini disampaikan ketika terlihat gejala siswa tidak “happy” manakala mengikuti praktikum di lab komputer. Pengaturan tata ruang lab komputer yang ramah siswa, terutama apabila lab komputer tersebut diperuntukan bagi siswa Sekolah Dasar, memang sangat penting. Ruang lab yang bisa membuat siswa “betah”, bukan cuma lantaran pembelajaran menggunakan media komputer saja, melainkan apa yang ada di ruang lab tersebut bisa siswa lihat, siswa dengar, dan siswa rasakan menjadikan siswa merasa sangat antusias berada di dalam lab komputer.

display-ruang-lab-komputer-2

Contoh display lab komputer untuk anak SD

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar siswa merasa senang berada di lab komputer;

  • Luas ruangan yang sesuai dengan jumlah siswa saat praktik. Tidak perlu luas, asal sesuai. Dan jumlah siswa saat praktik sebaiknya tidak lebih dari 15 orang, hal ini untuk kontrol keamanan. Jumlah siswa terlalu banyak akan mengurangi kontrol guru terhadap jelajah siswa manakala berhadapan dengan perangkat komputer yang notabene menggunakan energi listrik.
  • Display ruangan harus menarik dan support dengan dunia anak-anak. Seperti warna cat dinding, foster-foster, dan jangan lupakan hasil karya siswa yang ditempel di tempat khusus yang mudah terlihat oleh siswa. Beri ornamen langit-langit lab seperti awan, atau langit yang bisa dipandang oleh siswa dan mereka bisa merasa senang karenanya. Contoh-contoh display lab komputer bisa dilihat di Pinterest.
  • Selain komputer sebagai media utama untuk belajar siswa, juga sediakan media lainnya seperti sound yang siap memperdengarkan lagu-lagu anak. Buku-buku, atau sumber bacaan lainnya.
  • Gunakan karpet yang nyaman dengan warna menarik, atau kalau tidak menggunakan karpet, utamkan keramik yang tidak licin dan tentu jaga kebersihan lantainya.
  • Biarkan sepertiga ruangan kosong, ini tak lain untuk anak-anak bermain disana sebelum atau sesudah praktik selesai. Atau apabila sewaktu-waktu merasa jenuh dengan komputer, mereka bisa lesehan sambil membaca buku disana.

Selain point-point diatas, masih banyak tentunya display ruangan lab lainnya yang bisa diimplementasikan di lab komputer sesuai dengan kreativitas pengelola lab komputer masing-masing.

>>Baca: Paint Tool SAI aplikasi mewarnai cocok untuk anak SD

Diantara point-point diatas, faktor keamanan menjadi hal yang paling penting, karena biar bagaimanapun anak-anak punya daya jelajah tinggi dan pergerakannya kadang diluar dugaan, karenanya segala sesuatu yang bisa membahayakan siswa segera dihilangkan.

=============

Miliki segera: Modul Bahan Mengajar dan Belajar Komputer untuk SD Kelas 1-6 Terbaru

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: