Cara Bijak Menjaga Buah Hati Dari Bahaya Gadget dan Internet

Cara Bijak Menjaga Buah Hati Dari Bahaya Gadget dan Internet-Gadget dan internet sekarang menjadi bagian tak terpisahkan, ada gadget ada internet. Hampir semua gadget dilengkapi dengan fitur koneksi internet. Tidak terkecuali gadget yang sering dimainkan anak-anak. Tablet / ipad salah satu contohnya. Handphone juga merupakan salah satu gadget yang sering berada ditangan anak-anak. Sebagai orang tua tentu kita merasa was-was, takut tiba-tiba anak kita mendapati konten yang tak pantas. Untuk itu sebagai orang tua kita harus menjaga anak kita dari hal-hal buruk tersebut. Dengan cara bagaimana?

cara mengamankan anak dari bahaya gadget dan internet

Sebelumnya pahami dulu ini;

“Bahwa tak ada cara paling ampuh untuk menjaga buah hati dari bahaya gadget dan internet selain edukasi yang terus menerus”

Dalam obrolan santai diruang guru, salah satu temen saya mengeluh lantaran anaknya kerap buka-buka HP nya dan sering melihat konten yang tidak semestinya mereka lihat. Contohnya foto-foto dewasa kiriman temen grupnya di WA yang langsung tersimpan di galery HPnya. Belum lagi, karena sering melihat ayahnya “ngomong sama HP” untuk mencari sesuaut di Google si anak malah ikut-ikutan menirukannya dan ketika laman Google terbuka maka banyak sekali gambar bahkan video yang sangat berbahaya kalau sampai si anak “keterusan” melihatnya.

Setali dengan apa yang disampaikan salah satu teman saya tersebut, dibeberapa media diskusi seperti forum internet, kerap menemukan permasalahan yang sama. Dari grup WA yang saya terima, malah lebih serem lagi dimana anak-anak kita saat ini menjadi target market industri konten tidak baik, mencekoki dengan kemudahan akses konten agar anak-anak terbiasa dan “ketergantungan”.

Peran orang tua dalam mencegah bahaya gadget dan internet bagi anaknya?

Banyak solusi IT yang ditawarkan untuk mefilter konten tidak baik di gadget, sepertihalnya dulu sebelum ada gadget yang begitu mudah dibawah kemana-mana, para orang tua yang melek IT kerap memblokir situs tertentu di perangkat PC nya dengan aplikasi agar anaknya ketika bermain komputer dan terkoneksi ke internet tidak menemukan saluran yang tidak baik. Tapi faktanya anak, baik disengaja atau kebetulan, selalu menemukan konten-konten tidak baik tersebut melalui kata kunci pencarian yang sebelumnya bukan bermaksud menuju konten tidak baik tersebut.

Dalam teknik SEO memang para pengelola konten kerap menggunakan “keyword” atau kata kunci turunan, atau varian kata kunci agar websitenya bisa ditemukan di mesin pencari, hal inilah yang menyulitkan dalam hal filtering konten melalui aplikasi. Dan parahnya pertumbuhan situs-situs tidak baik tersebut sangat luar biasa, yang satu diblokir, muncul lagi situs baru dengan alamat situs yang “kamuplase” seolah situs-situs baik.

Disinilah peran orang tua dituntut ekstra dalam mengawasi anak-anaknya.

Dan yang berbahaya itu sebenarnya bukan cuma datang dari internet. Ketika gadget ditangan anak, maka kemungkinan mendapatkan konten tidak baik bisa datang dari mana saja. Kiriman photo / video dari temannya, atau dari para fishing yang betebaran membagikan konten berbahaya bukan cuma film/video, tapi pesan-pesan yang tidak baik juga sangat berbahaya.

Beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk mencegah, atau meminimalisir bahaya gadget dan internet bagi anak;

  • Memberikan pemahaman baik dan buruk, manfaat dan tidak manfaat, pantas dan tidak pantas terhadap konten yang kemungkinan akan anak dapatkan saat memegang gadget.
  • Jangan terlalu baik dengan membelikan gadget kepada anak, terlebih anak kita masih berumur dibawah 12 tahun. Kalaupun terpaksa membelikannya, perhatikan durasi pemakainnya, dan jangan lupa untuk membatasi waktu dan keleluasaan menggunakan gadget tersebut.
  • Lakukan rutinitas memeriksa aplikasi apa saja yang terpasang dalam gadget. Cek satu-satu, sekalipun aplikasi yang terpasang terlihat tidak membahayakan, ini untuk memastikan gadget tersebut benar-benar aman dan ada nilai manfaatnya. Kalau ada aplikasi berbahaya segera hapus, dan beri penjelasan yang bisa dipahami oleh anak anda kenapa anda menghapus aplikasi tersebut.
  • Batasi kuota internet pada gadget anak anda kalau terpaksa anak anda harus menggunakan koneksi internet. Kuota yang berlebihan akan membuat penggunaan internet tanpa batas yang sangat berbahaya bagi anak.
  • Kalau anak anda masih kecil, dibawah 12 tahun, anda masih mungkin menggunakan pengaturan pada gadget mereka dimana anda bisa mengatur akses internet, akses perangkat dan lains sebagainya sesuai manual book gadget yang anda belikan. Bisa  pula anda menggunakan aplikasi tertentu untuk memblokir situs dan pencarian yang mengarah ke penyedia konten berbahaya.
  • Jika anak anda sudah remaja, maka hal terbaik adalah dengan terus menerus memberikan pemahaman manfaat dan mudhorat penggunaan gadget dan internet. Ajak anak anda untuk mengetahui situs yang bisa memberikan manfaat. Dan ajak anak anda untuk tidak meneruskan melihat, atau mengakses konten tertentu pada saat melakukan pencarian. Beri kesadaran pada anak anda bahw untuk mengakses internet itu tidak murah, dan jangan biarkan akses yang tidak murah tersebut malah memberi mudhorat.

Beberapa hal teknis untuk mencegah bahaya gadget dan internet yang bisa orang tua lakukan;

  • Untuk PC silahkan filter menggunakan aplikasi untuk memfilter konten-konten tertentu atau merekam aktivitas berkumputer anak. Ada banyak aplikasi baik gratis maupun berbayar untuk menangani masalah ini, salah satunya Fluckeye atau NXFilter. Untuk menemukan aplikasi yang sesuai silahkan googling saja.
  • Untuk gadget Android, anda bisa mengunduh Safe Browser – The Web Filter di playstore dan melakukan instalasi pada gadget yang akan diberikan kepada anak. Jangan lupa, jadikan web browser Default.
  • Untuk mencegah anak mendapati atau mengunduh aplikasi konten dewasa baik games atau lainnya di Plyastore, anda bisa melakukan pengaturan untuk memfilter konten pada menu pemfilteran konten.
  • Bagaimana dengan Youtube? Di situs penyedia konten video ini, anda juga bisa melakukan seting untuk mengaktifkan restricted mode / mode terbatas.
  • Jika di rumah anda menggunakan WiFi, anda bisa melakukan filtering sesuai merk dan type perangkat router, jika belum tahu caranya silahkan googling dengan kata kunci “cara filter internet pada router…” isikan merk router pada titik-titik. Jika masih belum tahu, anda bisa membaca tulisan ini terlebih dahulu; Panduan wajib bagi orang tua saat anak berinternet

Apakah semua langkah protektif diatas sudah mengamankan anak anda dari bahaya gadget dan internet?

Belum.

Pada dasarnya langkah-langkah diatas hanyalah bagian dari ikhtiar kita agar anak kita setidaknya tidak terlalu mudah mendapatkan akses berbahaya dari gadgetnya. Sebab selalu ada celah yang belum kita tahu cara mengatasinya agar anak kita benar-benar aman dari bahaya-bahaya tadi.

Selagi masih terhubung dengan akses internet, maka selalu ada puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan celah keamanan yang bisa menjadi awal serangan konten-konten berbahaya terhadap anak-anak kita. Tak ada aplikasi manapun yang benar-benar mampu memproteksi, memfilter dan mengamankan akses internet dari konten berbahaya. Selagi masih terhubung dengan internet, anak-anak kita masih bisa menggunakan Google untuk mencari celah tersebut, anak-anak kita masih bisa mencari jawaban dari penderitaanya akibat gagal akses dengan bertanya di forum-forum, group, chatbox dan lain sebagainya. Ingat, anak-anak selalu ingn tahu tentang apa saja yang ada di internet, silahkan baca Mengetahui sifat ingin tahu anak saat berinternet berdasarkan usia

Perhatikan juga anak anda saat memegang gadget, atau sedang berinternet melalu PC agar anda paham dari gerak-geriknya sedang mengakses apa anak kita tersebut, semau gerak-gerik anak kita merupakan gelagat tindakan yang bisa kita terka, baca tulisan ini; Pahami gelagat anak saat berinternet

Lalu, haruskah kita berprilaku ekstrim dengan tidak membelikan gadget canggih yang bisa terkoneksi ke internet?

Ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Tapi ingat, anak anda juga mahluk sosial yang tidak selamanya berada dalam jangkauan anda. Anak anda bisa meminjam gadget temen anda untuk melihat sesuatu yang berbahaya tersebut. Anak anda bisa memanfaatkan warung internet, free wifi di sekolah, di mall, dan di tempat-tempat lainnya yang sekarang sudah sangat lumrah untuk menggratiskan akses internet.

Lalu, apa solusi terbaik?

“Bahwa tak ada cara paling ampuh untuk menjaga buah hati dari bahaya gadget dan internet selain edukasi yang terus menerus” Ya, menurut saya sampai saat ini, hanya dengan cara edukasi terus meneruslah tentang baik buruk internet, tentang manfaat-mudhorat mengakses suatu konten yang akan menjadi filtering bagi anak-anak kita.

Dan kalau anda mahluk beragama, maka tanamkanlah pemahaman keagamaan kepada anak anda, seperti pahala-dosa, siksa-azab dan konsekuensi lainnya yang bisa menyebabkan kerugian baik fisik dunia, terlebih nanti kelak di akhirat. Dan berdo’alah untuk anak-anak kita agar senantiasa dilindungi dari bahaya-bahaya yang kita takuktan dalam topik tulisan kali ini….

>>Baca tulisan lainnya tentang “panduan berinternet untuk anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: