Contoh Materi Photosop Untuk Kelas 6 SD

Bagi guru TIK kelas 6 SD yang dalam silabus pembelajarannya ada SK KD disain grafis 2D, dimana aplikasi yang direkomendasikan adalah Adobe Photosop, mengeksplorasi kreatifitas anak itu sangat mengasyikan. Karena kadang diluar dugaan, ternyata daya imaji dan kreatifitas anak-anak ternyat “lucu-lucu” dan sangat menarik ketika mereka berusaha mewujudkannya. Salah satunya ketika belajar berimajinasi dengan softawre manipulasi gambar populer seperti Photosop tersebut. Tapi disaat imaji anak begitu tinggi, kreatifitasnya pun begitu menggebu, akan terhambat jika instruktur / guru yang mengajarnya mandek ide, alias gagal paham tentang materi apa yang sebaiknya diberikan kepada siswanya dengan menggunakan software photosop tersebut. Berikut saya referensikan beberapa contoh materi yang bisa dipraktikan bersama siswa kelas 6 dalam belajar disain grafis sederhana menggunakan adobe Photosop…

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk memunculkan ide kreatif guru terkait penyiapan bahan mengajar, bahan praktik, atau materi pembelajaran komputer pada aplikasi disain grafis Photosop tersebut.

1). Pertama, siapkan aplikasinya. Disemua komputer lab sudah terinstalasi photosop.

2). Guru sudah paham betul dengan tools photosop, minimal dengan tools yang akan sering dipergunakan pada saat latihan

3). Bahan praktiknya sudah siap. Seperti properti gambar, font, dan plugin lainnya jika memang diperlukan.

4). Buku panduan yang dipegang siswa untuk mempermudah praktikum

Kalau empat point diatas sudah oke, maka guru akan lebih mudah dalam mengajar.

Untuk contoh materi pelajaran tik/komputer kelas 6 sd mengolah gambar menggunakan photosop, guru yang mengajar mata pelajran tersebut bisa mencari referensi materi dari situs-situs luar. Kenapa situs luar? Alasannya sederhana diluar sana perkembangan pendidikan komputernya sudah mapan, dan kita bisa mencontoh materi-materi pelajarannya yang biasanya di share di blog pribadi guru atau situs lainnya.

materi-photosop-untuk-anak-sd

Dan satu lagi, kenapa memilih situs luar, karena untuk situs-situs yang menampilkan pembelajaran komputer untuk siswa SD di kita masih susah ditemukan. Coba saja cek dengan menggunakan kata kunci “materi photosop untuk anak SD” pasti harus bersusah payah menemukan situs yang sesuai.

Tapi coba ketikan kata kunci “photosop for children” pasti hasil pencariannya memuaskan. Ada banyak situs yang menampilkan konten-konten menarik seputar pembelajaran disain menggunakan photosop untuk anak-anak.

Salah satu situs yang saya rekomendasikan, dimana dalam salah satu kontennya berisi pembelajran photosop untuk anak-anak.

https://design.tutsplus.com/tutorials/photoshop-for-kids-up-up-and-away–cms-24578

https://design.tutsplus.com/tutorials/adobe-photoshop-for-kids-funny-faces–cms-24493

Melihat sedikitnya konten yang dibuat guru di tanah air tentang materi photosop untuk anak-anak, kedepan saya akan coba membuat modul pelajaran komputer untuk anak SD yang didalamnya berisi materi disain sederhana menggunakan Photosop. Dan bagi temen-temen yang belum punya modul TIK kelas 6 bisa melihat modul pelajaran komputer kelas 6 SD yang saya buat, silahkan lihat modul disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: