Langkah Seting Kertas F4 di Microsoft Excel (Materi TIK/Komputer Kelas 5 SD)

Pak bgaimana caranya untuk mengatur ukuran kertas menjadi F4 di microsoft Excel? Kata salah satu siswa ketika belajar mencetak dokumen spreadseheet menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Pertanyaan sepert ini sering terjadi, padahal sebelumnya siswa pernah belajar cara mencetak dokumen di aplikasi pengolah kata Microsoft Word, dimana pada materi tersebut siswa sudah diajarkan bagaimana cara mengatur posisi kertas dan juga cara seting ukuran kertas, tapi ketika kembali belajar mencetak dokumen di Microsoft Excel biasanya siswa kebingungan ketika mereka harus mencetak dokumen dengan ukuran kertas A4. Hal ini dikarenakan pada aplikasi Microsoft Excel tools untuk mengatur ukuran kertas tertentu (custom) pengaturannya tidak seperti di aplikasi Microsoft Word, perlu beberapa langkah untuk menemukan fitur papaer size option untuk mengkustom jenis kertas tertentu.

Seharusnya siswa juga tidak perlu bertanya, jika guru / instrukutr praktik sudah menjelaskan step by step proses kustomisasi ukuran kertas. Tapi untuk memancing proses belajar aktif guru bisa mengabaikan tahap menjelaskan step by step proses kustomisasi tersebut, tujuannya agar siswa mau bertanya, sehingga proses belajar menjadi lebih interaktif.

Langkah mengatur ukuran kertas menjadi F4 di Microsoft Excel

Pada semua versi aplikasi Microsoft Excel pengaturan kertas ada pada menu size, hanya interface penempatan menu tersebut yang berbeda pada beberapa versi aplikasi Microsoft Excel terbaru.

  1. Klik Page Layout
  2. Klik Size
  3. Pilih More Paper Size
  4. Pada kotak dialog Page Setup, pilih Option
  5. Pada kotak dialog setingan printer pilih Featur – pilih Paper Option Size – Pilih Custom
  6. Pada kotak dialog Custo Paper Size isi kolom Name dengan nama kertas F4, kemudian pada Paper Size isikan ukuran width (lebar) 8.50 dan length (tinggi) 13.00 dengan satuan ukuran Inch.
    cara seting ukuran kertas f4 di excel printer hp
  7. Klik Ok, Ok.

Sekarang setingan kertas F4 sudah bisa digunakan. Mudah bukan?

Sekarang siswa sudah bisa mencetak dokumen Excel dengan seting kertas Folio / F4, ukuran kertas yang sering digunakan di Indonesia.

Kebanyakan guru tidak mengajarkan proses mencetak dokumen, dikarenakan biasanya tidak adanya piranti cetak (printer) yang sudah stand by di lab atau ruang belajar komputer. Karenanya banyak anak hanya mengetahui prosesnya saja sementara mereka belum pernah melakukan proses mencetak tersebut sampai melihat hasil cetak dari worksheet yang mereka kerjakan dalam latihan.

Untuk itu mulai dari sekarang kebiasaan tersebut sebaiknya mulai ditinggalkan, karena biar bagamanapun siswa perlu mengalami sendiri proses tersebut dan merasakan kebanggan dengan melihat hasil cetak dokumen yang sudah mereka kerjakan.

Buat temen-temen yang mengajar TIK/Komputer di kelas 5 SD yang belum memiliki Modul praktik pelajaran TIK / Komputer kelas 5 SD bisa menggunakan modul TIK yang saya buat. Dalam modul tersebut berisi materi Microsoft Excel dan pengenalan Internet, bisa digunakan dengan praktis dan memudahkan siswa dalam mempelajari tools-tools yang ada pada aplikasi Excel. >>Baca lebih lengkap isi Modul TIK / Komputer untuk kelas 5 SD tersebut disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: