Mengurutkan Data Dari Yang Terbesar Ke Yang Terkecil Di Microsoft Excel-Materi TIK Kelas 5 SD

Setelah membuat tabel dan mengisinya dengan data, materi berikutnya mengurukan data tersebut dari urutan yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya. Menu yang digunakan untuk proses mengurutkan data di Microsoft Excel ini yaitu Sort & Filter. Sangat menarik memberi pengetahuan tentang mengurutkan data kepada siswa kelas 5 SD, tentu data yang diurutkan yang sesuai dengan usia mereka, bukan data statistik hasil penelitian. Misalnya data tinggi badan kelas 5, data peserta eskul, data nilai ulangan TIK kelas 5. Nah kalau temen-temen mengajar TIK kelas 5 SD bisa menyimak contoh-contoh bahan ajar materi mengurutkan data kali ini.

Mengurutkan data fungsinya untuk mengetahui urutan data dari yang terrendah ke yang tertinggi. Atau sebaliknya jika ingin menentukan rangking biasanya mengurutkan datanya dibalik, dari yang tertinggi ke yang terendah.

Untuk latihan, kita akan mengurutkan data tinggi badan siswa kelas 5.

Untuk mengurutkan data tersebut sebelumnya kita membuat tabel data tinggi badan siswa terlebih dahulu. Tabel tersebut terdiri dari (1). Kolom Nomor, (2). Kolom Nama Siswa, (3). Kolom Jenis Kelamin, (4). Kolom Tinggi Badan. Dengan jumlah data sisw sebanyak 15 siswa. Proses membuat Tabelnya seperti yang sudah dikerjakan pada latihan sebelumnya,  latihan membuat tabel lihat disini.

Dan hasilnya adalah tabel seperti dibawah ini;

mengurutkan data di excel 1

Berdasarkan tabel data tinggi badan siswa diatas, kita akan mengurutkan data siswa paling tinggi ke siswa paling pendek tinggi badannya.

Untuk mengurutkan tinggi badan siswa tertinggi ke terendah, prosesnya seperti berikut;

1). Blok tabel dari Cell A1 sampai Cell D16 (drag pake mouse) – Penampakan tabel yang diblok seperti dibawah ini

mengurutkan data di excel 2
2). Klik menu Sort & Filter – Pilih Custom Sort

mengurutkan data di excel 3

3). Nantinya akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Pada Sort by pilih Column D (karena data yang diurutkan berdasar pada kolom tinggi badan) lihat tanda panah hijau. Pada Sort On isi Values, pada Order pilih Largert to Smallest (karena kita akan mengurutkan data dari angka terbesar ke angka terkecil) lihat lingkaran merah.

cara mengurutkan data di microsoft excel

4). Kalau nanti pada saat tekan Ok muncul warning seperti gambar dibawah ini, pilih Sort anything that looks a number, as a number, baru tekan Ok.

cara mengurutkan data di microsoft excel 2

5). Dan hasilnya akan tampil seperti tabel data siswa dibawah ini, sekarang kita sudah bisa melihat siswa dengan tinggi badan paling tinggi diantara kelima belas siswa, kita juga bisa melihat berapa siswa dengan tinggi badan sama, dan siswa dengan tinggi badan paling rendah.

cara mengurutkan data di microsoft excel 3

6). Berikutnya perbaiki urutan nomor, urutkan kembali dari urutan ke 1 sampai ke 15.

cara mengurutkan data di microsoft excel 4

Okeh, latihan kali ini sudah selesai. Pada latihan selanjutnya kita akan belajar membuat grafik tinggi badan siswa, agar siswa mampu membaca data berdasarkan visualisasi grafik.

//Bagi temen-temen Guru Komputer / TIK di Sekolah Dasar yang membutuhkan Modul Belajar Komputer dari kelas 1-6, saya sudah membuatkan modul tersebut dan siap digunakan sebagai panduan dan pegangan siswa pada saat belajar mata pelajaran TIK/Komputer. Praktis, guru tidak pusing mencari materi, dan siswa bisa langsung paham dan langsng bisa mempraktikannya, karena modul dibuat sistematis dan memudahkan. Dapatkan Modul TIK/SD Edisi terbaru disini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: