Membuat Cerita Tentang Binatang di Powerpoint – Pelajaran Kelas 6 SD

Ada banyak cara untuk mengajar mata pelajaran TIK menjadi lebih menarik bagi siswa SD, oh ya TIK di kurikulum 2013 dihapus, jadi saya menyebutnya mata pelajaran komputer dan di sekolah tempat saya mengajar memang mata pelajaran ini diberi label “komputer”. Salah satu cara yang sering saya gunakan adalah dengan membuat hal-hal spele tapi bisa membuat siswa tertawa saat mengerjakan tugas dengan aplikasi yang sedang dipelajari. Toh belajar menggunakan aplikasi komputer tidak melulu harus dengan contoh yang serius, apalagi yang kita ajar adalah siswa SD. Yang lebih penting pemahaman dan penguasaan fungsi tools dari aplikasi yang kita ajarkan bisa mereka tangkap, berikutnya silahkan mereka berkreasi dengan kreatifitasnya masing-masing tentu setelah menyelesaikan tugas berdasar panduan pembelajaran secara klasikal. Contoh kasus pembelajaran yang akan saya tulis ini juga merupakan pembelajaran pengenalan fungsi beberapa tools di MS. Office Powerpoint dengan latihan yang mudah-mudahan bisa dikerjakan sambil ketawa-ketawa, hahaha hihhihi.

Materi sebenarnya yang akan dipelajari adalah pengenalan fungsi menu Annimation – menambahkan efek animasi – dan pengaturan efek animasi. Dengan contoh latihan menggunakan effect animasi emphasis – ply in. Dengan materi ini diharapkan siswa mampu membuat efek animasi pada slide powerpoint menggunakan pilihan efek animasi emphasis ply-in. Dan skenario dari slide yang akan dibuat pada latihan tersebut adalah membuat cerita tentang binatang.

Bahan belajar yang harus disiapkan sebelum mengajar;
1- gambar kodok (karena cerita binatang yang akan dibuat tokohnya kodok)
2-gambar pendukung lainnya, misalnya gambar kolam dan tumbuhan
Berikut panduan praktiknya, ini bisa dimodifikasi sesuai selera guru yang mengajarnya;

  1. Siapkan slide baru dengan layout blank (kosong tidak ada apa-apanya)
  2. Masukan gambar kodoknya, caranya insert – pilih drive penyimpanan gambar
    cerita kodok 1
  3. Berikutnya untuk latar si kodok, masukan lagi gambar, dalam latihan ini background yang digunakan adalah gambar matahari. Penampakannya seperti dibawah ini;
    cerita kodok 2
  4. Masukan teks, agar cerita lebih hidup. Agar teks terlihat menarik, kita gunakan efek animasi – Fly In. Caranya; aktifkan teks (di klik saja), kemudian pilih Animations – pilih Custom Animations – Pilih Add Effect – Pilih Entrance – pilih Fly-In. Secara default teks akan muncul dari bawah. Untuk itu nantinya kita akan lakukan modifikasi
    cerita kodok 3
  5. Berikutnya kita modifikasi teks agar muncul dari arah kanan. Caranya; pada Mofify: Fly-In, pada Dircetion pilih From Right. Agar munculnya teks sesuai keinginan, pada Speed bisa dipilih jenis speednya, latihan kali ini pilih Fast saja.
    cerita kodok 5
  6. Berikutnya kita tambahkan satu slide, gambar dan background sama sperti slide pertama, biar cepat Copy-Paste saja gambar dan background yang ada di slide pertama. Kemudian tambahkan gambar seperti dibawah ini…
    cerita kodok 6
  7. Skenarionya, gambar anak yang lagi minum tersebut menggambarkan pikiran kodok yang lagi kehausan. Gambar muncul dari kanan bawah ke atas kiri, setingannya seperti berikut…
    cerita kodok 7
  8. Berikutnya diilustrasikan kodok pun berjalan jauh, mencari kolam…
    cerita kodok 8
  9. Selanjutnya…………….. silahkan berkreasi dengan cerita masing-masing. Apakah kodok menemukan kolam, terus nyebur? Atau bagaimana? Itu nantinya terserah para siswa dalam meneruskan slide cerita selanjutnya. Disini serunya, setiap siswa memiliki khayalan yang berbeda-beda, dan nantinya cerita dari slide powerpoint tentang si kodok kehausan ini endingnya macem-macem…..

Oke selamat mencoba ide mengajar yang saya buat ini. Setiap guru mempunyai kreatifitas masing-masing dalam mengembangkan media mengajarnya. Ini hanya salah satu rangsangan saja, lainnya anda bisa berinovasi dengan kemampuan sendiri dan juga dengan melihat berbagai referensi mengajar dari guru lainnya.

Oh ya, saya telah membuat panduan mengajar menggunakan MS. Powerpoint untuk kelas 6 SD dalam bentuk modul. Dengan modul tersebut siswa akan lebih mudah dalam mempraktikan setiap materi yang akan disampaikan oleh guru pada saat KBM. Isi dari modul itu juga banyak hal-hal menarik, seperti pembuatan animasi sederhana dan lainnya. Lihat modul disini (Klik).

2 Komentar to “Membuat Cerita Tentang Binatang di Powerpoint – Pelajaran Kelas 6 SD”

  1. Bagus idennya n kreatif…..good luck…

  2. terimakasih pak Dzikri, makin sukses nih kayaknya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: