Belajar Membuat Grafik di PowerPoint Untuk Siswa Kelas 6 SD

tips membuat grafik di powerpointChart merupakan salah satu tools yang ada dalam Aplikasi Microsoft PowerPoint, melalui tools ini Guru TIK bisa mengenalkan berbagai jenis grafik kepada siswanya. Sangat menarik sebenarnya jika tools ini dikemas menjadi sebuah materi ajar, misalnya saja membuat grafik hobi siswa dalam satu kelas. Tentu untuk membuat grafik yang akan menampilkan data hobi. Untuk proses ini terlebih dahulu siswa harus melakukan pengumpulan data, proses ini bisa berkolaborasi dengan Guru Bahasa Indonesia. Guru Bahasa Indonesia akan memberikan bimbingan bagaimana proses pengumpulan data, misalnya guru bahasa Indonesia memberikan teknik yang berbeda mengenai proses pengumpulan data kepada siswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, ada yang menggunakan metode angket, wawancara, kuesioner dan lain sebagainya yang tujuannya untuk mendapatkan informasi dari data yang akan dibuatkan grafiknya.

Contoh kasus proses pembelajaran membuat grafik hobi siswa kelas 6. Adalah kelompok kecil dengan anggota 4 orang siswa kelas 6 SD, mendapat tugas dari Guru Bahasa Indonesia untuk melakukan pengumpulan data hobi siswa yang berada di kelas 6 SD. Untuk melakukan pengumpulan data ini Guru Bahasa Indonesia mengarahkan kelompok tersebut untuk mewawancari setiap siswa kelas 6 tentang hobi apa yang mereka sukai. Pertanyaanya sudah disiapkan dan sederhana;

  1. Apa hobi kamu?

Dengan pertanyaan tersebut kelompok tadi akan menanyakan kepada 25 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dari hasil wawancara tersebut siswa memperoleh data seperti ini;

  • 5 anak hobi sepak bola
  • 2 anak hobi renang
  • 2 anak hobi membaca
  • 3 anak hobi menyanyi
  • 8 anak hobi makan
  • 3 anak hobi menggambar
  • 2 anak tidak menjawab

Setelah data sudah dikumpulkan kemudian kelompok tersebut melapor ke Guru Bahasa Indonesia, kemudian Guru Bahasa Indonesia memeriksa hasil pekerjaan kelompok tadi. Melalui rekomendasi Guru Bahasa Indonesia kelompok yang sudah berhasil mengumpulkan data hobi tadi diberi tugas berikutnya untuk membuatkan laporan dalam bentuk grafik.

Pada jadwal pelajaran TIK/Komputer, siswa belajar membuat Grafik. Materi membuat Grafik bukan materi dadakan lantaran ada kolaborasi mendadak dengan guru Bahasa Indonesia, melainkan memang sesuai dengan Silabus yang sudah dibuat pada awal semester tahun ajaran baru.

Contoh Grafik hasil siswa yang dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint 2007.

belajar membuat grafik di powerpoint

Untuk membuat Grafik sendiri di Microsoft Powerpoint langkahnya cukup mudah:

Pilih menu Insert

Pilih icon Chart

belajar membuat grafik di powerpoint 2

Pilih template Chart yang diinginkan

belajar membuat grafik di powerpoint 3

Masukan data pada Spreadsheet

belajar membuat grafik di powerpoint 4

Sangat mudah, tapi diperlukan latihan terus menerus jika siswa kelas VI anda ingin mampu membuat chart sesuai data yang ingin dibuatkan grafiknya seperti pada contoh kasus pembelajaran diatas.

Materi membuat Grafik untuk siswa SD beserta latihan, bisa diperoleh disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: