Bisakah Bermain Sambil Belajar Pada Pelajaran TIK SD?

tips mengejar komputer menyenangkan di sdAda pertanyaan dari salah seorang pembaca blog ini, bagaimana cara mengajar TIK yang menyenangkan buat anak SD? Bagi guru yang sudah berpengalaman mengajar mata pelajaran TIK SD tentu pertanyaan seperti ini bukan masalah besar, sebab dia pasti mengetahui caranya. Mengajar yang menyenangkan tentu banyak macamnya, ini semua tergantung metode yang digunakan guru pada saat mengajar. Banyak metode yang bisa kita pelajari baik ketika di bangku kuliah maupun dari pelatihan-pelatihan yang sering diadakan sekolah. Bagi saya, guru TIK yang non kampus pendidikan tentu ketika kuliah tidak mempelajari metode-metode mengajar, karena output dari kuliah yang saya pilih tersebut bukan untuk menjadi guru. Tetapi itu semua bukan menjadi alasan, sebab ketika bekerja sebagai guru tentu metode-metode mengajar harus dipelajari, minimal mengetahuinya. Mengajar TIK yang menyenangkan biasa saya lakukan ketika mengajar TIK di SD, memberikan siswa tidak tegang, tidak takut, tidak canggung dan bentuk over disiplin lainnya yang membatasi keingintahuan siswa. Itu semua saya anggap sebagai cara mengajar yang menyenangkan.

Contoh sederhana pada saat saya mengajar, biasanya saya memberikan reward untuk siswa yang sudah menyelesaikan tugas dengan memberi permen, atau boleh bermain game, tentu game yang ada adalah games yang sifatnya edukasi. Satu lagi karena ruang lab komputer di sekolah tempat saya mengajar itu cukup sederhana, sehingga antara jumlah siswa dan komputer 1 banding 2. Untuk mensiasatinya saya membagi menjadi beberapa kelompok, dan pada saat praktik sambil menunggu kelompok lainnya selesai boleh bermain. Tentu mainnya yang tidak mengganggu yang lain yang lagi praktik.

Salah satu bentuk permainan yang siswa saya lakukan yaitu bernyanyi bersama, lihat videonya dibawah ini…

Tinggalkan Balasan

