Mengajar Mata Pelajaran Komputer Tanpa Komputer Bisa Tidak?

tips mengajar komputer tanpa komputer1Judulnya mungkin sedikit aneh ya, mengajar mata pelajaran komputer tanpa komputer. Untuk beberapa orang mungkin aneh, tapi percaya atau tidak dibeberapa daerah masih banyak guru yang mengampu mapel tertentu yang media belajarnya harus ada komputer harus tanpa menggunakan komputer. Kasus nyatanya fakta yang pernah saya alami saat mengajar mata pelajaran TIK di salah satu SMP di pojokan kabupaten Tangerang sekitar 2007 lalu. Saat itu saya baru belajar mengajar dan harus dihadapkan pada kenyataan dimana mengajar mata pelajaran TIK yang menurut saya harus ada perangkat komputernya untuk praktik siswa, faktanya sekolah tidak memiliki fasilitas untuk itu. Akhirnya saya bersama rekan harus patungan untuk membeli unit komputer agar bisa memfasilitasi siswa mempraktikan materi yang ada dalam mata pelajaran TIK yang saya ampu.

Contoh kasus yang saya alami diatas, bisa saja merupakan fakta yang dihadapi pembaca saat ini. Dan sedang mencari solusi terbaiknya.

Ada beberapa alternatif yang bisa guru lakukan ketika faktanya sekolah tidak atau mungkin belum memiliki fasiltas komputer untuk menunjang mata pelajaran komputer, entah itu TIK, KKPI, pemrograman, disain dan lain sebagainya. Beberapa alternatif tersebut antara lain:

  1. Dengan menggunakan Proyektor. Guru mendemonstrasikan materi ajar kepada siswa, dan siswa memperhatikan. Untuk evaluasi diambil beberapa orang siswa sajaa sebagai sample. Atau bisa juga dengan melakukan evaluasi tertulis.
  2. Menggunakan media lain. Misalnya menggunakan gambar seri yang menjelaskan proses penggunaan tools tertentu. Ini alternatif saja, sebab pada akhirnya siswa harus menggunakan komputer juga.
  3. Bergantian menggunakan komputer guru. Sekalipun sekolah tidak memiliki komputer biasanya gurunya memiliki laptop. Nah laptop si guru bisa jadi alternatif, caranya dengan bergantian mencoba mempraktikan materi ajar.
  4. Membuat video tutorial dan membagikannya ke siswa untuk dipelajari di rumah. Dengan asumsi siswa sudah memiliki komputer di rumahnya. Kalau siswa belum punya komputer alternatif ini tidak bisa digunakan juga. Tapi mudah-mudahan siswa mau mencari alternatif lain misalnya ke warnet dan mempraktikan video tutorial tersebut.

Untuk sementara baru alternatif diatas yang bisa saya share, mungkin rekan guru lain punya pengalaman berbeda, silahkan berbagi di kolom komentar. Dan alternatif diatas hanya bersifat sementara, tidak bisa diterapkan terus menerus. Sebab mengajar mata pelajaran komputer ya harus ada medianya yaitu komputer. Jika tidak ada komputer sebagai media belajar utamanya maka akan sulit materi yang ada pada target pembelajaran bisa terlaksana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: