Apa Yang Ingin Dilakukan Siswa SD di Dalam Lab Komputer?

Jika anda mengajar mata pelajaran mulok komdi lab komputerputer, pasti tahu tentang gelagat siswa siswi anda ketika berada di dalam lab komputer. Berada di dalam komputer maksudnya ketika jam pelajaran komputer. Tentu tujuan utama siswa ketika berada di dalam lab untuk mengikuti pelajaran komputer. Cuma selain tujuan utama, yaitu belajar komputer, ada beberapa hal yang mereka ingin lakukan di dalam lab komputer tersebut. Apa saja itu?

Sepengetahuan saya beberapa hal ini sering sekali menjadi misi yang ingin siswa lakukan di dalam lab komputer. Yang pertama (1) cara belajar yang berbeda, kalau sebelumnya siswa selalu berada di dalam kelas bersama wali kelasnya, kadang itu membuat mereka bosan, dan berada di  dalam lab seperti hiburan buat mereka. Hiburannya apa? Ya main komputer, bisa menggunakan aplikasi permainan. Saya suka memberi bonus siswa Games. Tentu games nya yang bersifat mengasah keterampilan siswa.

Yang kedua (2) menggambar. Siswa SD itu senang banget kalau diberi tugas menggambar menggunakan komputer. Aplikasi yang paling sederhana Paint. Dan beberapa aplikasi menggambar untuk anak lainnya yang bisa dengan mudah kita download di internet. Makanya saya membuat modu komputer untuk kelas 1-3 SD itu kebanyak materinya mewarnai dan menggambar di Paint.

Lihat: Modul TIK SD kelas 1-3 Untuk Tahun Ajaran 2015/2016
Atau: Lihat Materi Mengajar Komputer untuk SD kelas 1-6

Yang ketiga (3) melihat video. Siswa SD juga sangat senang kalau kita memutar video. Maka dari itu guru yang mengajar mata pelajaran komputer ini harus rajin mencari video-video untuk anak didiknya. Tentu kita mesti mempertimbangkan muatan pendidikannya. Kalau saya suka memutar video tentang keajaiban dunia. Dan video-video kegiatan sekolah kami hasil uploadan temen temen guru lainnya.

Yang keempat (4) mendengarkan musik. Siswa juga selalu terlihat happy kalau diputarkan musik, apalagi kalau yang diputar adalah lagu kesukaan mereka. Untuk yang ini juga sebaiknya guru pandai memilih lagu-lagu yang pantas didengar siswa.

Baca: Tips Untuk Membuat Materi Ajar Komputer Untuk Anak SD

Yang kelima (5) belajar animasi. Kalau yang ini agak repot, sebab dibutuhkan kemampuan guru untuk memenuhi permintaan belajar yang satu ini. Ada banyak software animasi untuk anak-anak, tinggal download di internet. Yang diperlukan selain kemampuan guru terhadap beberapa software animasi untuk anak, juga kreatifiats dalam membuat karakter dan jalan cerita animasi yang akan diberikan kepada siswa. Kalau saya sering memberikan materi membuat animasi sederhana menggunakan powerpoint dengan bantuan tools lainnya di internet. Karena yang paling mudah menurut saya ya aplikasi powerpoint itu, dan di aplikasi ini juga sudah komplit jika sekedar untuk membuat animasi sederhana.

Baca: Buku Pintar Membuat Animasi Keren Dengan Powerpoint Untuk Anak SD
Baca: Dua Situs Animasi GIF untuk Pelengkap Bahan Belajar Membuat Animasi di PowerPoint

Lima hal tersebut merupakan kegiatan lain yang sering ingin dilakukan di dalam lab komputer. Itu yang saya amati dari siswa siswi pada saat pelajaran komputer di dalam lab komputer di sekolah tempat saya mengajar saat ini. Bagaimana dengan siswa di sekolah anda?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: