Mengawali Praktik di Lab Komputer Bersama Kelas 3 SD

bubleHari ini untuk yang pertama kali saya masuk ruang lab SD untuk membimbing siswa siswi kelas 3 SD Islam Nida El-Adabi mengawali hari pertamanya praktik mata pelajaran komputer. Hal pertama yang saya lakukan ketika menyambut siswa di lab komputer adalah mengucapkan selamat datang di ruang belajar komputer, menyapa para siswa, mengabsen mereka, dan berusaha mencari tahu informasi pengalaman menggunakan komputer mereka. Misalnya dengan menanyakan apakah di rumah mereka sering menggunakan komputer, pertanyaan ini sebenarnya untuk mengetahui kepemilikan perangkat komputer di rumah siswa, berapa yang di rumahnya ada komputer dan brapa yang belum. Ternyata semua siswa memiliki perangkat komputer, ini tentu akan sangat membantu saya dalam membimbing siswa di lab komputer.

Berikutnya saya mulai mengajak siswa untuk mengetahui SOP penggunaan komputer di ruang lab, mengenalkan siswa pada beberapa perangkat keras komputer yang sering mereka gunakan seperti mouse, keyboard, dan monitor. Setidaknya 3 hardware tersebut merupakan salah satu indikator belajar hari ini. Setelah siswa mengetahui SOP dan beberapa informasi lainnya yang saya anggap penting untuk diketahui siswa, baru masuk ke materi praktik hari ini.

Untuk memberi semangat, saya membawa permen dan OREO yang saya bagikan kepada siswa yang berhasil menyelesaikan praktik lebih awal dan hasilnya bagus. Dan karena materi hari ini adalah menggunakan aplikasi PAINT, membuat bentuk dan mewarnai adalah praktik yang menyenangkan untuk siswa kelas 3 SD.

Tinggalkan Balasan

