Hari ini hari pendidikan nasional….

Hari ini 2 MeiHARIKNAS 2015, kita sebagai guru pasti hafal bahwa setiap tanggal 2 mei itu diperingati sebagai hari pendidikan nasional. Bentuk hormat terhadap tokoh pelopor pendidikan di tanaah air ini diwujudkan dengan upacarara bendera dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional. Guru terlihat rapi berseragam KORPRI, berseragam PGRI, dan seragam-seragam lainnya yang mewakili simbol-simbol guru. Pun dengan istri saya yang kebetulan juga seorang guru di sekolah dasar, pagi-pagi sekali setelah menyiapkan sarapan buat keluarga sudah bereragam Korpri rapi, mau upacara hardiknas katanya. Saya sendiri cukup memakai kaos seperti biasa yang dilakukan tiap hari sabtu, karena sekolah kami tidak melaksanakan upacara hardiknas di hari ini, guru-gurunya sedang kunjungan belajar ke Bandung. Ada yang menarik buat saya tentang bagaimana kita sebagai seorang guru, atau saya lah, memaknai hari pendidikan ini. Tulisan memaknai tentu outputnya adalah hal-hal positif, yaitu bagaiman kita mencontoh prilaku luhur tokoh-tokoh pendidikan yang tetap tertulis hormat dalam catatan sejarah dunia pendidikan Indonesia, seperti Ki Hajar Dewantara dengan slogan Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa , Tut Wuri Handayani nya yang terus menjadi panutan sepanjang masa bagi guru.

Makna slogan tersebut, “Di depan menjadi panutan atau contoh, di tengah menjadi penjalar atau penyeimbang sepantara, dan di belakang melakukan dorongan (prajurit, ibaratnya)”. Kalau diterapkan, tentu semua guru di tanah air akan menjadi guru-guru hebat dan panutan.

Kenyataanya sulit sekali menerapkan slogan tersebut sebagai prinsip berkepribadian seorang guru. Saya teruatama, masih jauh dari sebutan panutan atau contoh dalam hal prilaku, masih kerap menunjuken ekspresi emosional baik ke siswa pun terhadap sesama rekan guru sejawat. Tapi mudah-mudahan sekalipun demikian saya tekadkan untuk memberikan pembelajaran yang maksimal sesuai bidang dan mata pelajaran yang saya ajar.

Hari ini hari pendidikan, walaupun tidak upacara bendera, bukan berarti kita tidak mengormati para pejuang pendidikan tersebut. Tanamkan dihati kita, bahwa kita adalah guru, dan patutnya bangga, karena dengan profesi ini kita bisa berbagi pengetahuan dan bicara lebih besarnya, kita bisa mengubah dunia lewat ilmu yang diajarkan kepada anak didik kita.

Mudah-mudahan saya yang cuma guru biasa saja ini, bisa tetep fokus terhadap siswa siswa saya, bisa tetap fokus untuk terus mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas bidang keilmuan yang saya peroleh untuk dibagikan lagi kepada siswa siswa saya.

Tinggalkan Balasan

