Apa yang sudah saya lakukan di 2014?

what 2014Apa yang sudah saya lakukan di 2014? pertanyaan akhir tahun yang untuk menjawabnya saya harus mengingat-ngingat kembali apa yang sudah dilakukan 12 bulan yang lalu. Pertanyaan semacam ini, juga pernah saya tulis diakhir tahun 2013 ” apa yang sudah saya lakukan di tahun 2013?” pun dengan catatan akhir tahun saya di 2012 ini “posting di akhir tahun 2012” pertanyaan yang tak mendapat banyak jawban. Rekam jejak yang boleh saya bilang, monoton, karena di dua tahun tersebut hanya melakukan kegiatan itu-itu saja, mengajar. Sebenarnya mengaar adalah kegiatan paling menyenangkan karena saya bisa berbagi pengetahuan dengan siswa-siswa baru saya, dan belajar banyak hal dari kegiatan tersebut. Yang saya anggap monoton adalah mobilitas saya, yang masih saja seperti 2013, pergi pagi pulang sore dari ke tempat yang sama.

Prospek saya juga belum juga terwujud, punya bisnis dan ruang kerja sendiri. Untuk bisnis alhamdulillah di tahun 2014 mungkin sudah ada sekalipun masih kecil, tapi untuk ruang kerja di tahun 2014 saya masih ngantor di awan (cloud) yang dioperasikan kadang dari kamar tidur atau numpang di lab sekolahan. Saya juga belum juga bisa merintis usaha kecil yang dari dahulu ingin saya punya. Termasuk ingin juga merintis lembaga pendidikan tentunya.

#Spiritual
Diluar berbagai prospek yang coba saya targetkan, kehidupan spiritual juga merupakan bagian lain yang semestinya menjadi bagian terpenting dari keseluruhan prospek yang saya targetkan. Alhamdulillah di tahun 2014 lingkungan, baik di pekerjaan maupun di lingkungan rumah selalu “selalu ada yang mengingatkan” tentang kewajiban-kewajiban saya sebagai mahluk beragama. Dan mudah-mudahan ditahun depan kuantitas dan kualitas spiritual saya, dan spiritual keluarga saya bisa jauh lebih baik lagi. Amin.

Manusia wajib tawakal dan berusaha karena ““Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11, dan syukuri apa yang sudah kita peroleh “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azabku sangat berat.” (QS 14 Ibrahim ayat 7).

 

 

Tinggalkan Balasan

