Solusi Mengatasi Grafhic Driver Notebook HP 14-d040 TU

Punya masalah dengan driver grafhic notebook merk HP 14-d040 TU? Ceritanya begini, beberapa waktu yang lalu saudara saya membeli notebook, dan dia meminta saya untk menginstalasi operatyng system dan software lainnya. Tapi entah sengaja atau lupa, di dalam box notebook tersebut tidak terdapat CD driver motherboardnya. Wal hasil setelah instalasi OS selesai, grafhic drivernya belum terinstal, tentu ini bermasalah terhadap display grafhic notebook tersebut, terutama ketika hendak di koneksikan ke infokus yang tentu saja tidak akan bisa terkoneksi. Biasanya untuk kasus seperti ini saya cukup mencarikan grafhic driver kompatibelnya saja, tapi setelah beberapa kali di coba ternyata tidak bisa. Solusi lainnya saya coba search ke situs vendor notebook tersebut, tapi ternyata tidak ditemukan, dan download di situs lainnya driver grafhicnya tetap tidak support.

Saya coba mencari ID driver di Device Manager-Details, dan ID Driver tersebut kemudian saya cari kompatibelnya di devide.info, biasanya langsung bisa ditemukan. Tapi untuk kasus ini nihil, situs tersebut tidak menemukan driver yang kompatibel dengan id driver notebook HP tersebut.

devine

Saya juga mencobanya dengan software Sky Driver untuk mencari detail driver, tapi hasilnya tetap nihil. Seharian di sela-sela waktu ngajar saya gunakan untuk browing mencari grafhic Driver notebook, tapi belum juga mendapatkan hasilnya. Dan akhirnya saya coba cara ini:

Mencari tahu jenis processor dan informasi lainnya di DriectX Diagnostic Tool, dari sini saya mendapati info processor dan register2 OS nya 32 bit. Dari informasi ini kita bisa menelusuri Chipset yang kompatibel dengan processor tersebut di internet.

Bagi yang belum tahu cara masuk ke tool DirectX Diagnostic bisa menggunakan langkah ini:
1. Masuk ke CommandPrompt
2. Ketikan: DXDIAG
3. Tekan Enter

dxdiag1

Setelah mencarinya di Google saya menemukan link yang menuju ke situs intel
search google

Ini dia tampilan situs intel

https://downloadcenter.intel.com/Detail_Desc.aspx?DwnldID=23713

intel

Setelah berhasil mendownload chipsetnya, saya pun menginstalasinya, dan alhamdulillah akhirnya grafhic Notebook HP 14-d040 TU sudah tidak masalah.

Dari kronologis di atas saya bisa menyimpulkan, walaupun saya yakin ini kasuistik, bahwa jika menemukan permasalahan seputar Graphic Driver, langkah mengatasinya adalah:
1. Cari tahu terlebih dahulu processor yang di gunakan
2. Setelah mendapatkan informasi processor, dapatkan informasi drivernya di internet

Dan informasi-informasi tersebut sebenarnya bisa kita temukan di buku manual yang disertakan ketika membeli komputer, melihat langsung tulisan/tipe di motherboard/hardware, kemudian mencari informasi di Internet atau bisa juga dengan menggunakan software, salah satunya Everest.

Begitulah kira-kira solusi yang ingin saya bagi kepada pembaca yang memiliki masalah yang sama dengan yang saya alami. Ini adalah pengalaman dan ilmu baru buat saya, dan mudah-mudahan jika menemukan kasus serupa sudah tidak bingung lagi.

One Comment to “Solusi Mengatasi Grafhic Driver Notebook HP 14-d040 TU”

Tinggalkan Balasan

