Storage Untuk Melayani Kebutuhan Sumber Belajar Siswa

Saya kurang faham dengan e-learning secara keseluruhan, walaupun pembahasan tentang ini banyak dan mudah sekali di temukan di internet, tapi tetep saya tidak berani mengatakan paham dengan e-learning karena saya memang tidak pernah belajar di bidang itu. Kemudian saya mengajar di sekolah yang punya motivasi mengembangkan proses pembelajaran berbasis IT, dan e-learning menjadi salah satu bagian yang sering di sebutkan dalam banyak pembicaraan baik dengan sesama guru, maupun pihak manajemen sekolah. Sayangnya semua yang membicarakan tentang e-learning tersebut juga tidak paham yang sebenarnya tentang e-learning tersebut. Mereka mendapati kata e-learning juga dari orang lain, atau mungkin informasi dari internet. Hingga suatu waktu rekan saya membicarakan sebuah rencana proyek perancangan sistem yang intinya sistem tersebut akan digunakan untuk mengakses berbagai sumber belajar secara online, baik menggunakan jaringan internet atua intranet. Motivasi utama dari rencana perancangan sistem tersebut adalah, rekan saya memiliki bank soal, inginnya bank soal tersebut bisa di akses oleh seluruh siswa di berbagai sekolah secara berlangganan. Lagi, rekan saya tersebut menyebut kata e-learning.

Baiklah saya coba cari referensi yang tepat untuk menjelaskan definisi e-learning, ada banyak cahce di google yang menjelaskan tentang e-learning, termasuk dari wikipedia. Tapi saya lebih tertarik dengan tulisannya Pak Romi Satriawahono dengan dua definisi yang ia kutip dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001]  dan LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms [Glossary, 2001].

Saya kutip saja:

eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.  Darin E. Hartley [Hartley, 2001]

eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone. LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms [Glossary, 2001]

Penjelasan tentang kedua definisi e-learning tersebut bisa di baca detailnya di blognya pak romi (romisatriawahono.net), tadinya saya mau mengutip penjelasannya tapi risih dan mawas diri, bahwa saya tidak pantas menjelaskan kembali tentang devinisi tersebut.

Sedangkan komponen e-learning bisa di terka-terka melalui flow image berikut yang juga saya ambil dari tulisannya pak Romi:

Untuk membuat e-learning setidaknya saya harus tahu terlebih dahulu tentang komponen-komponen e-learning di atas. Baru berikutnya kepada metode penyampaian, atau implementasi riilnya bagaimana penggunaan system dalam proses KBM. Ada dua metode penyampaian, yaitu Synchrounous e-Learning dan Asynchronous e-Learning. Yang lebih hemat tentu pilihan kedua, Asynchronous e-Learning.

Kembali ke topik rencana proyek perancangan sistem yang ingin di bangun oleh teman saya diatas, saya termotivasi juga untuk mengembangkannya dalam bentuk storage penyimpanan bahan belajar siswa. Dalam storage tersebut berisi sumber belajar siswa, baik yang di buat sendiri oleh guru, maupun koleksi dari internet. Untuk membuat system ini berjalan, harus di siapkan satu buah mini server (karena kebutuhan ruang penyimpanan masih sedikit), akses internet dan intranet, beberapa hardware pendukung, LMS, dan tentu kesiapan guru dalam mengisi mengumpulkan berbagai sumber belajar siswa. Karena masing-masing siswa membawa laptop jadi tidak perlu menyiapkan pc client.

Sebenarnya untuk membuat sotorage tersebut saat ini bisa memanfaatkan cloud gratisan seperti google drive, atau yang lainnya. Tapi masalahnya untuk untuk mengakses layanan tersebut memerlukan akses internet, dan bandwith di sekolah tempat saya mengajar tidak memungkinkan. Jadi intranet menjadi pilihan lebih baik. Berikutnya tinggal cari biayanya (hadooh ini yang repot)

 

Tinggalkan Balasan

