Template PowerPoint Untuk Media Belajar Interaktif

Dalam pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft PowerPoint, template atau tampilan slide menjadi bagian penting lainnya di samping isi dari media pembelajaran itu sendiri. Tampilan slide yang baik dan elegean akan memberikan kesan profesional, dan membuat audiens (dalam hal ini siswa kita) menjadi lebih tertarik dengan materi yang ada dalam media pembelajaran tersebut. Template yang baik terlihat dari komposisi warna, penempatan tombol navigasi, dan layout yang terlihat tidak asal jadi. Tentu untuk membuat template seperti ini di perlukan pengetahuan dan taste tersendiri bagi si pembuatnya, dan tentu harus ada alokasi waktu yang sesuai, karena sudah pasti untuk menghasilkan template yang baik tidak bisa di lakukan secara tergesa-gesa. Lalu bagaimanakah para Guru yang sibuk bisa menyiapkan banyak template untuk keperluan pembuatan media pembelajaran dari banyak materi ajar dan pelajaran yang diajarnya?

Untuk membuat template powerpoint untuk media belajar interaktif, kita bisa membuatnya sendiri atau mengunduhnya di internet. Untuk membuat template sendiri, kita bisa menggunakan fasilitas Shapes pada tab ribbon Ilustrations untuk memanipulasi bentuk objek dalam mendisain tampilan template, kita juga bisa memanfaatkan format 3D pada shapes syle, dan yang terakhir tool slide master. Atau jika ingin tampilan dan bentuk objek yang lebih menarik, kita bisa menggunakan aplikasi Photoshop, Flash dan aplikasi pembuat template khusus yang bisa kita temukan di internet.

Dan kalau tidak mau “ribet” dengan proses pembuatan template PowerPoint, kita bisa langsung mendownloadnya lewat situs-situs yang menyediakan template powerpoint gratisan, atau yang premium. Banyak sekali situs yang menyediakan template powerpoint secara gratisan di internet. Tetapi tidak mudah menemukan template yang dibuat khusus untuk bahan membuat media pembelajaran interaktif, untuk itu kemampuan membuat template powerpoint sendiri untuk media pembelajaran itu jauh lebih baik dibanding hanya mengandalakan template-template gratisan dari orang lain.

Untuk membuat sendiri template powerpoint untuk media pembelajaran interaktif, kita bisa menggunakan tips populer ini, yaitu D-ATM alias download, amati, tiru, dan modifikasi.

  • Dwonload template-template media pembelajaran interaktif sebanyak-banyaknya, mata pelajaran apapun.
  • Amati template-template tersebut dengan seksama, amati layout penempatan navigasi, amati  hyperlink yang menghubungkan tombol action ke slide materi, amati pula custom animation apa saja yang digunakan termasuk timeline, effect option, dan lainnya.
  • Setelah berhasil mengamati tempate yang sudah di download tersebut, dan anda mengerti, berikutnya mulailah anda menirunya.
  • Modifikasi, nah setelah berhasil menirum template pembelajaran orang lain, berikutnya kita bisa memodifikasi hasil tiruan tersebut.

Pada saatnya kita akan mampu membuat sendiri model disain tampilan yang kita inginkan sesuai selera kita.

Tool online yang bisa kita gunakan untuk mempercantik templat, diantaranya:

  • Tool untuk mendapatkan berbagai bentuk command , atau tombol navigasi
  • Toool untuk mendapatkan berbagai bentuk gambar pendukung atau karakter animasi
  • Tool untuk memilih jenis warna tampilan template
  • Tool untuk mendapatkan referensi source code VBA
  • Tool untuk mendapatkan berbagai jenis audio
  • Tool untuk mendapatkan berbagai jenis video
  • Tool untuk melakukan cuting video/audio
  • Toool untk konfersi file

Dan tool lainnya yang dibutuhkan sesuai konten dari media yang akan kita buat, kalau kontennya tentang kimia maka sebisa mungkin kita harus mencari model audio, video dan bahan simulasi pelajaran kimia tersebut.
Berkut contoh template PowerPoint untuk membuat media pembelajaran interaktif yang saya buat untuk anda:

templateppptgratismulyaditenjo

Download template

Template-template lainnya yang saya buat dan bisa rekan-rekan guru gunakan, saya simpan dalam arsip blog saya disini: http://kumpulanslidepembelajaran.blogspot.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: