Fungsi Mail Merge di Microsoft Word

empeloveFungsi Mail Merge di Microsoft Word | Materi ini bisa ditambahkan pada modul tik sd kelas 4 dan pengulangan materi untuk kelas 6. Mail mege merupakan tool yang ada dalam aplikasi pengolah kata Microsoft Word, tool ini ada disemua versi Microsoft Office Word. Fungsinya untuk membuat surat berantai. Bagi yang belum tahu, yang dimaksud surat berantai adalah sebuah surat yang ditujukan untuk banyak orang. Artinya format suratnya sama, tetapi si penerima suratnya berbeda-beda dalam jumlah yang banyak. Dalam istilah pengolahan database biasa disebut one to many, satu untuk banyak. Langkah ini mempermudah administrator dalam proses pencetakan (print) surat. Bagi rekan guru yang suatu saat mendapat tugas sebagai sekretaris dalam kegiatan tertentu, biasanya berurusan dengan proses pendistribusian surat masal, baik undangan ataupun penerbitan SK. Nah fungsi mail merge ini bisa digunakan sebagai alat komputasi dalam menyelesaikan pembuatan surat masal tersebut.

Step by step menggunakan too mail merge di Microsoft Word 2007

tutorial membuat mail merge di microsoft word

Untuk menggunakan tool mail merge, terlebih dahulu kita menyiapkan format surat yang nantinya akan di distribusikan ke banyak orang tersebut. Kalau format surat sudah siap, dan yakin tidak ada kekeliruan baik dalam format penulisan, maupun hal-hal lainnya yang merupakan bagian penting dari surat tersebut. Misalnya nomor surat, kop surat, tahun dan lain sebagainya.

Kalau format surat sudah siap, berikutnya siapkan data nama-nama orang yang akan menerima salinan surat, jangan lupa perhatikan penulisan gelar, NIP, atau lainnya yang merupakan atribut penting si penerima surat.

Kalau format surat sudah siap, begitupun dengan data si penerima surat juga sudah siap, sekarang tinggal menggunakan tool mail merge untuk proses cetak surat.

Tutorial step by step membuat mail merge di Microsoft Word lengkapnya silahkan lihat di sini

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: