Ada Yang Berkomentar: Anda julalan tidak sehat!

black commentPagi ini ada waktu untuk membuaka akun blog saya, di notification arsip ada antrian komentar, saya pun tertarik untuk membaca komentar tersebut. Setelah dibaca ternyata komentarnya tentang kritikan. Katanya saya sudah berjualan tidak sehat. Sebagai pengelola blog tentu semua komentar akan sangat berarti buat saya, terlebih kritikan. Dengan adanya orang yang mau mengkritik konten blog saya ini berarti ada orang yang peduli dengan kualitas dan layanan konten dari blog yang saya buat ini. Cuma sayangnya si pengkritik itu anonymouse, tidak jelas identitasnya. Saya akan lebih senang jika yang mengkritik itu melengkapi dirinya dengan identitas, baik identitas riil maupun jejak internet, akun facebook misalnya. Biar saya bisa bersilaturahim dan berdiskusi lebih jauh lagi tentang konten yang menurutnya tidak baik, tidak pantas, atau mengganggu misalnya. Tapi sudahlah, itu hak si pengkritik. Lepas dari itu, saya harus mengevaluasi konten yang dikritik tersebut. Dan posting ini saya anggap sebagai jawaban atas kritikan tersebut, silahkan disimak…

Ini dia screenshoot komentar dari arsip notifikasi:

black comment

Dari screen shoot tersebut si pengkomentar bernama mutiara, tetapi identitasnya tidak ada. Posting tempat bu mutiara ini berkomentar adalah posting mengenai Modul TIK SD Edisi 2013 untuk tahun pelajaran 2013/2014, isi posting tersebut memang lebih kepada posting promosi alias jualan, dengan produk yang saya tawarkan adalah modul panduan belajar dan mengajar mata pelajaran tik/komputer untuk SD.

Saya berjualan tidak sehat..
Terus terang saya tidak mengerti dengan pernyataan “anda jualan ..tidak sehat!!!!!!!” maksudnya bagaimana? Apakah cara promosi saya dianggap tidak sehat? Kalau memang dianggap tidak sehat sebagai pengelola saya minta maaf, dan minta pula diberi “pengetahuan” tentang cara berjualan yang lebih sehat. Karena hal yang saya lakukan juga banyak dilakukan blogger guru lainnya yang berjualan produk pembelajaran di blog pribadinya.

Tutup akun ini
Kalau yang ini saya anggap (juga) tidak sehat, karena komentarnya terlalu ‘lebay’ dengan seenaknya menyuruh orang menutup akun blognya. Kalau menghapus posting ini masih wajar, tapi kalau menutup akun heheheheh…..lucu kayaknya. Toh blog saya kan tidak “black content” yang mengandung kekerasan, pornografi, fishing, spam, penipuan, atau aktivitas kriminal blogging lainnya.

Tapi papaun itu saya pantas berterimakasih kepada yang memberi komentar ini, mudah-mudahan ini bisa menjadi pelajaran buat saya, khusunya dalam hal etika promosi dan aktivitas jualan lainnya di blog pribadi saya ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: