Seberapa Manfaat Internet Untuk Sekolah Anda?

seberapa manfaat internet untuk sekolahSekarang hampir semua Sekolah memiliki fasilitas wifi, terutama di kota-kota besar. Dengan fasilitas tersebut guru dan siswa bisa dengan mudah mengakses internet. Lantaran mudahnya mengakses internet tersebut maka tak heran guru-guru semakin getol berselancar di mesin pencari, apa aja di cari di Google. Sampai-sampai perangkat administrasi mengajarpun dicari di Google. Bukan cuma itu, sekarang hampir semua guru punya akun sosmed dan tidak malu-malu lagi untuk upload photo selvienya ke sosial media. Kalau sudah begini manfaatkah internet? Sebenarnya tidak salah mengambil informasi dari Google, tidak salah juga punya akun sosmed dan upload photo selvie, yang jadi masalah adalah waktu melakukan kegiatan tersebut. Kalau waktunya diluar jam mengajar sih tidak masalah, tapi tidak sedikit para guru yang melakukan kegiatan berinternetnya disaat jam-jam mengajar. Begitu pun dengan siswa, tak sedikit yang bersosmed ria disaat KBM berlangung. Sekarang saatnya anda ketahui seberapa manfaat internet untuk sekolah anda?

Sebelum anda memasang fasilitas wifi jawab dulu pertanyaan ini:

  1. Tujuan utama memasang wifi? Kalau tujuannya cuma ikutan tren, dan biar tidak di olok-olok sebagai sekolah yang jadul, lebih baik urungkan niat memasang wifi di sekolah. Sebab nantinya perangkat tersebut tidak akan bermanfaat sama sekali. Tapi sebaliknya kalau tujuan utama memasang wifi sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya informasi, tanggap terhadap perkembangan ICT, dan berniat memanfaatkan internet untuk sarana pembelajaran maka lanjutkan memasang perangkat wifi tersebut.
  2. Apa manfaatnya memasang wifi? Ketahui dahulu manfaat dari memasang wifi tersebut, misalnya kalau ada wifi bisa akses situs-situs pendidikan, bisa akses informasi sertifikasi lguru, bisa akses dapodik, bisa mencari model pembelajaran. Kalau sudah tahu manfaatnya baru pasang wifi tersebut.
  3. Bisakah memanajerial penggunaan internet? ini yang paling penting, sebab penggunaan internet jika tidak dikelola dengan baik alih-alih memberi manfaat malah akan memberi banyak mudharat. Misalnya, guru lebih sering chatingan di sosmed ketimbang mencari referensi pembelajaran, begitu juga siswa malah lebih sering membuka gadgetnya untuk melihat akun facebook atau twitter.

Dan tahukah anda bahwa:

  1. Ketika ada kemudahan mengakses internet di sekolah, maka bersiap-siaplah untuk melihat prilaku individual baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa.
  2. Kemudahan mengakses internet bisa menyebabkan guru lebih produktif dalam copy-paste. Maka jangan heran kalau guru akan menggunakan alasan kepepet untuk mendownload banyak perangkat administrasi mengajarnya ketika sidak dari atasan.
  3. Adanya akses internet sering disalahgunakan untuk mendapatkan informasi yang tidak baik, entah oleh siswa atau guru

Seberapa manfaat internet untuk sekolah anda?
Jawabannya adalah:

  • apakah akses internet di sekolah anda cuma menyebabkan guru atau siswa hanya asyik sendiri dengan laptop atau gadgetnya yang tak lain mereka sedang mengakses situs sosial media atau situs-situs kesukaanya? Jika ya, maka akses internet di sekolah anda sangat tidak bermanfaat.
  • apakah akses internet di sekolah anda dimanfaatkan benar untuk segala bentuk kegiatan pembelajaran? Kalau jawabannya ya, maka internet di sekolah anda sudah sangat bermanfaat.

Berikutnya kita coba cari cara untuk memanfaatkan wifi/ akses internet tersebut

  • Buat aturan tentang penggunaan internet di sekolah, kapan wifi dinyalakan dan kapan wifi dimatikan.
  • Proteksi guru, siswa dari akses situs yang membuat mereka tidak produktif
  • Buat skenario pembelajaran berbasis internet dan learning management system
  • Berikan pelatihan pemanfaatan internet untuk tujuan pembelajaran, baik kepada siswa maupun kepada guru
  • Selalu evaluasi mengenai penggunaan internet
  • Bekerjasamalah dengan guru yang paham IT dan pemanfaatanya

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: