Projek Mengerjakan Website Sekolah

pic1Dua minggu ini siswa-siswa saya pada kelayaban ke sekolah-sekolah untuk mendapatkan “projek” pembuatan website. Dan kemarin juga siswa saya melakukan pekerjaan yang sama berkunjung ke sekolah yang sudah mereka kunjungi minggu yang lalu untuk mendapatkan kepastian projek yang mereka tawarkan, ada yang berhasil dan ada yang belum jelas. Maksudnya belum mendapat kepastian dari pihak sekolah yang mereka kunjungi. Apa yang dilakukan siswa saya Insya Allah bermanfaat, selain untuk menunaikan tugas yang diberkan gurunya, juga melatih mental mereka untuk bisa mencari peluang, dalam hal ini peluang mendapatkan objek projek. Yang pada implentasi riilnya nanti setelah mereka lulus, siapa tahu diantara mereka ada yang kepepet lantaran kesulitan mencari lapangan kerja, pas inget pernah melakukan projek ini bisa menjadi solusi untuk move on dengan cara mencari orang yang mau membeli jasa mereka dalam hal pembuatan website. Lainnya, melatih mental mereka, kalau melulu di kelas nantinya “minder” kalau ketemuan sama orang lain secara formal. Padahal ketika nanti mereka mesti mencari kerja ya harus “pede”.

Ada banyak cerita yang mereka sampaikan setelah pulang dari sekolah yang mereka kunjungi, ada yang sumringat sambil teriak “dapet dong pak” diikuti dengan cerocos ini itu tentang sambutan yang menarik dari pihak sekolah. Tapi ada juga yang manyun lantaran kesal dengan perlakukan yang mereka terima dari pihak sekolah yang menganggap kedatangan mereka itu tidak penting, alias dicuekin.

Begitulah realita dilapangan ketika kita datang dan menawarkan sesuatu, tak ubahnya sales. Karena saya juga pernah jadi sales dan sekarang juga masih nyales untuk menjual jasa saya jadi cerita semacam itu bukan hal aneh. Sekali lagi dengan apa yang mereka temui di lapangan, itulah pengalamannya. Dan perlu mereka ketahui, itulah seninya menjual jasa. Datang tanpa produk riil selain kertas proposal, maka kemampuan meyakinkan orang lain itulah kuncinya.

“pak nanti saya mau nawar-nawarin lagi pa ya!” kata salah seorang siswa saya dengan semangat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: