Bulan ini jarang posting

menulisMenulis memang susah, walau sebenarnya mudah, terutama kalau menulis bebas semacam tulisan yang ada di blog ini. Apa yang kita lihat, kita temui sebenarnya bisa jadi bahan menulis yang asyik. Tapi kadang kita “egois” ingin menulis hanya pada genre tertentu, wal hasil lantaran melulu membatasi topik menulis akhirnya malah tidak menghasilkan tulisan apapun. Ini malah mandek kreatifitas. Begitulah, belakangan saya berharap bisa menulis untuk topik-topik komputer dan pembelajaran tapi pas memulai satu bahasan tertentu untuk topik tutorial komputer, ternyata saya harus meluangkan banyak waktu. Karena tutorial itu sebelum dituliskan harus dipraktikan, alias dicoba dulu. Belum lagi saya harus screenshoot step by step materi yang ingin disajikan, dan itu juga memakan waktu cukup lama, baik pada saat print screen maupun ketika menguploadnya. Padahal saya juga mempunyai kesibukan lainnya, seperti mengajar, nemenin anak bermain, bersosialita dengan tetangga, akhirnya kebanyakan alfa menulis. Padahal saya ingin menulis banyak hal ….

Beberapa lis rencana tulisan yang saya simpan di kertas oret-oretan saya diantaranya, tutorial dasa photosop, walaupun tutorial ini mudah ditemukan di mesin pencari, tapi saya ingin membuatnya untuk siswa-siswa saya. Niatnya sih, sebelum tiba jadwal mengajar saya sudah membuat tutorialnya agar siswa saya sudah mempelajarinya seblum belajar di kelas. Dengan harapan saya tidak perlu repot lagi memberikan tahapan-tahapan sebuah materi. Nyatanya, itu cuma rencana.

Selain ingin menulis tutorial diatas, saya jug ingin menulis tutorial proses instalasi pembuatan website sekolah dengan CMS wordpress, Balitbang, Formulasi dan beberapa CMS lainnya yang kira-kira saya mampu. Lagi-lagi, sebenarnya tutorial semacam ini juga mudah ditemukan di mesin pencari. Tapi jarang ada yang komplit sampai ke hosting dan domain, dan mengonlinekannya, jadinya sekalipun banyak CMS gratis  untuk membuat web sekolah tetap saja banyak guru yang kesulitan membuat web sekolahnya. Belakangan saya mulai belajar mengerti, kenapa banyak kawan blogger yang menulis tutorial tapi tidak lengkap tersebut barangkali alasannya sama dengan saya, yaitu perlu waktu cukup lama untuk menulis tutorial.

Saya salut buat mereka yang bisa membuat banyak tutorial di blognya, dan rutin update posting dengan istiqomah pada genre tulisannya. Hebat, bisa ya? Apakah mereka punya banyak waktu, alias tidak sibuk? Saya pikir mereka juga sibuk, cuma semangat dan kemauan menulisnya yang bisa mengalahkan kesibukannya tersebut.

 

 

Tinggalkan Balasan

