Bisa WordPress, Bisa Cari Duit.(Spirit untuk siswa SMK)

worpress make moneyBisa WordPress, bisa carai duit. Kalimat itu sebuah penyemangat saja, terutama buat siswa saya yang di SMK ketika belajar CMS untuk pembuatan website. Memiliki pengetahuan tentang WordPress bisa dikatakan sebuah modal untuk mencari duit. Saat ini perkembangan internet di Indonesia lagi bagus, strategi marketing pun mulai ke online, transaksi pun banyak dilakukan secara online. Keadaan tersebut sebenarnya membuka peluang bagi mereka yang memiliki skil di bidang internet, salah satunya menguasai WordPress. Dengan menguasai WordPress, kita bisa membuat website minimal untuk diri kita sendiri. Dari website yang kita bangun tersebut kita bisa promo banyak hal, salah satunya promo jasa pembuatan web dengan WordPress.

Selain jasa pembuatan website menggunakan wordpress, kita juga bisa menawarkan skil lainnya, yang juga masih berhubungan dengan WordPress. Seperti membuat dan menjual template wordpress, menjual ebook tutorial wordpress, dan plugin wordpress. Diantara peluang-peluang tadi, tekuni satu saja. Misalnya kalau hobinya disain tampilan, maka fokus dalam bisnis template. Tapi kalau hobinya menulis, maka fokuslah untuk membuat ebook tutorial wordpress.

Percayalah bisnis jasa pembuatan web saat ini dan beberapa tahun kedepan masih menjanjikan. Bisnis ini bisa dilakukan secara perseorangan, dengan modal dengkul sekalipun. Lho, caranya gimana? Caranya, ya mau promosi. Baik online maupun offline. Promo online bisa dilakukan melalui blog gratisan wordpress.com, selebihnya manfaatkan forum dan sosial media. Kalau ada yang pesan, kita minta 50 % pembayaran diawal (bahasa bisnisnya bayar dimuka, atau istilah bekennya disebut DP). Uang DP ini selanjutnya kita gunakan untuk membayar sewa hosting dan domain, selebihnya untuk biaya hidup selama mengerjakan proyek tersebut, seperti beli pulsa untuk modem atau rental warnet.

Lain lagi dengan bisnis jualan template wordpress. Lantaran banyaknya pengguna wordpress, maka bisnis yang satu ini juga peluangnya bagus. Setiap hari ada ribuan kata kunci yang merujuk pada pencarian template wordpress. Biasanya sih yang mencari, orang-orang yang ingin membuat web menggunakan wordpress tetapi malas buat template sendiri. Satu template bisa dihargai antar $5 sampai $30. Lumayan kan? Kalau sehari ada 5 template saja yang terjual, sebulan sudah berapa?

Kalau malas ngoprek dan lebih senang nulis saja, bisnis ebook tutorial juga sangat menjanjikan. Dengan menjual ebook-ebook tutorial tentang wordpress ini juga bisa mendatangkan penghasilan. Misalnya satu ebook dihargai $4 kan lumayan.

Begitulah, bisa wordpress bisa cari duit. Ingat ya ndo, ini spirit saja. Selebihnya, terserah pada usaha kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: