Menyisipkan Sound di PowerPoint (Update Modul TIK Kelas 6)

insert sound di powerpointMenyisipkan Sound di PowerPoint (Update Modul TIK Kelas 6)| Pada posting dua hari yang lalu saya menambahkan materi pada modul TIK untuk kelas 6, yaitu penggunaan Tool Transition Sound di PowerPoint. Dalam materi tersebut siswa nantinya akan mendapatkan pengetahuan cara menyisipkan efek suara yang ada dalam menu Animations, dalam tulisan tersebut juga disertakan contoh slide sehingga guru TIK sebelum memberikan materi bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Nah, kali ini melengkapi tulisan tersebut, masih mengenai efek suara (sound) di PowerPoint. Tapi suara yang akan kita sisipkan kedalam slide bukan sound yang ada dalam library powerpoint melainkan kita ambil dari file suara koleksi sendiri. Bagaimana caranya?

Cara menyisipkan sound kedalam slide powerpoint
Pertama, siapkan terlebih dahulu sound yang akan kita sisipkan kedalam slide. Sound tersebut bisa kita peroleh dari situs yang menyediakan berbagai koleksi suara secara gratis di internet. Untuk referensi, saya mengambil koleksi sound dari situs soundbible. Dan untuk latihan kali ini saya mengunduh suara helikopter.

Kedua, buka jendela kerja Microsoft PowerPoint. Untuk tutorial singkat kali ini saya masih menggunakan Microsoft Office PowerPoint 2007, ini untuk menyesuaikan dengan Modul TIK SD yang saya buat juga menggunakan Microsoft Office PowerPoint 2007.

Ikuti langkah dibawah ini:

  • Buat slide baru
  • Masukan gambar (pada latihan ini saya menggunakan gambar helikopter yang saya peroleh dari internet)
  • Letakan gambar pada area yang diinginkan pada slide
  • Untuk membuat gambar bergerak, silahkan gunakan Custom Animations (jika belum tau cara menggunakan Custom Animations, bisa melihatnya di tulisan tentang powerpoint lainnya di blog ini), atau baca kembali Modul TIK kelas 6)
  • Klik Animations – Transitions Sound – Other Sound – Pilih koleksi sound pada file komputer
  • Ok

cara menyisipkan sound di powerpoint

Langkah menyisipkan sound pada slide juga bisa dilakukan melalui menu Insert. Yaitu:

  • Klik Insert
  • Pilih Sound pada tab Media Clipt
  • Pilih Sound from File
  • Pilih koleksi sound pada file komputer
  • Ok

Mudah kan? Gunakan berbagai jenis koleksu suara yang sesuai dengan gambar yang ingin ditampilkan pada slide. Dan untuk contoh slide yang sudah disisipkan sound sesuai latihan pada tulisan ini, pembaca bisa mendownloadnya pada link dibawah ini!

Download slide latihan Menyisipkan Sound di PowerPoint>>

Contoh-contoh yang lebih menarik akan saya tampilkan pada update Modul TIK/Komputer SD untuk Edisi 2014 yang bisa digunakan untuk bahan mengajar TIK/komputer SD pada tahun pelajaran 2014/2015. Resensi modul TIK kelas 6 tahun 2013 bisa dibaca di halaman ini, jika tertarik dengan modul-modul yang saya buat bisa langsung konfirmasi saya melalui Call pada nomor di halaman taaruf.

Oke, selamat berlatih!

One Comment to “Menyisipkan Sound di PowerPoint (Update Modul TIK Kelas 6)”

  1. Blog bapak sangat bermanfaat 🙂 terima kasih sharing2-nya. salam kenal 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: